DPRD Kepri Kritik Pemprov Kepri Perihal Target PAD Sektor Laut Tidak Tercapai

oleh -6 views

Tanjungpinang, Wahanaindonews.com – Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Kepulauan Riau, Iskandarsyah mengkritik Pemprov Kepri atas Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor laut dalam kurun waktu tiga tahun hanya memberikan kontribusi sebesar 10,92 persen atau Rp 7,16 Milliyar dari target Rp. 65,59 Milliyar.

Dalam hal ini, Iskandarsyah menyebutkan bahwa PAD sebesar Rp. 7,16 Milliyar bersumber dari pemanfaatan ruang laut dan reklamasi, sedangkan labuh jangkar yang ditargetkan sekitar Rp60 miliar, sampai saat ini masih nihil.

“Jika potensi laut Kepri dikelola dengan baik maka saya yakin dalam setahun PAD dapat menghasilkan sekitar Rp 6 trilliun,” ujarnya.

Kemudian, Ia juga menyoroti kewenangan yang diberikan Negara untuk mengelola perairan sejauh 0-12 mil dari bibir pantai melalui UU nomor 23/2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Dalam pelaksanannya, Pemerintah daerah hanya diizinkan mengelola daratan empat persen,” tandasnya.

Selain itu, Iskandarsyah meminta Menko Maritim dan Investasi, Luhut Panjaitan, membantu menyelesaikan persoalan dalam pengelolan jasa labuh jangkar di laut Kepulauan Riau yang masih dikelola oleh Kementerian Perhubungan.

Terakhir, Iskandarsyah menambahkan bahwa penyelesaian masalah labuh jangkar belum dapat terselesaikan walaupun Pemprov Kepri menang sidang non ligitasi di Kementerian Hukum dan HAM, saran dari Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, BPKP, serta Kementerian Dalam Negeri.

(Edison Tumanggor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *