Melanggar  PSBB, Polresta Pekanbaru Menyidang Pemilik Warnet Secara Online

oleh -86 views

Pekanbaru, WahanaIndoNews – Pemberlakuan PSBB di Kota Pekanbaru mengharuskan masyarakat tetap berada dirumah untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Covid 19, ternyata tidak main-main. Buktinya, pengusaha yang  membuka usaha selama PSBB berlangsung pun ditindak.

Hari ini, Rabu (29/04/2020), telah dilaksanakan sidang pertama atas pelanggaran PSBB diwilayah kota Pekanbaru secara online, hasil razia atas berlakunya PSBB di Kora Pekanbaru.

Saat melaksanakan patroli PSBB Sabtu tanggal 18 April 2020, sekira pukul 23.00, Wib, Kasubsektor Marpoyan Damai Ipda Ilham Nur bersama Personil Unit Patroli Regu 3 an Mendapat informasi melalui telefon dari warga bahwasanya masih ada Warnet yang buka di Jalan Rambutan.

Sesui informasi tersebut Dalam pelaksanaan Penertiban para pedagang dan pemilik usaha didapatilah sebuah usaha Warnet yang membandel masih tetap buka hingga larut malam yg berada di Jalan Rambutan tepatnya di warnet valen net rt/rw: 03/02 Kel Sidomulyo Timur Kec Marpoyan Damai.

Mendapat infromasi tersebut Kasubsektor Marpoyan Damai Ipda Ilham Nur bersama dengan 3 orang personil langsung menuju ke lokasi warnet tersebut dan pada saat berada di warnet melihat kondisi warnet yg masih beroperasi dengan pemain lebih kurang 4 orang, dan 1 orang operator BP (pemilik warnet).

Setelah diberikan himbauan berulang kali utk bubar dan menutup warnet namun pengelola warnet RUBAHRI PURBA, 65 Tahun, Islam
yang beralamat Jl. Pramuka III no.27 Kel lolong belanti kec. Padang Utara Padang sumbar tidak mengindahkan Himbauan Petugas tersebut dan akhirnya petugas membawa pelaku ke Polsek Bukitraya guna pengusutan lebih lanjut.

Pemeriksaan dilanjutkan untuk melengkapi pemberkasan guna pelaksanaan sidang Pelanggaran PSBB secara online di Polresta Pekanbaru, tepat hari rabu 29 April 2020 sidang dimulai jam 10.00 wib dengan menghadirkan semua petugas persidangn secar online.

Dari persidangan saudara Rubahri Purba mengakui kesalahannya dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahannya tersebut, pihak Hakim memutuskan hasil persidangan dengan menjatuhkan hukuman denda sebanyak Rp 750.000,- kepada terdakwa dan selanjutnya terdakwa menerima hasil sidang tersebut.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu’min Wijaya SIK MH dalam wawancaranya bersama media membenarkan adanya persidangan yang pertama di Polresta Pekanbaru terkait Pelanggaran PSBB di wilayh Kota Pekanbaru.

“Benar persidangan pelanggaran PSBB diwilayah kota Pekanbaru kita laksanakan sebagi tanda keseriusan kita dalam melaksanakan penegakan hukum terkait pemberlakuan PSBB di wilayah Kota Pekanbaru” sebut Kapolresta

“Pelaku usaha BP sudah dihimbau oleh petugas kepolisian agar menutup usahanya terkait adanya pemberlakuan PSBB di wilayah Kota Pekanbaru, namun pelaku usaha tersebut tidak mengindahkan Himbauan tersebut dan melawan petugas, sehingga kita membawa pelaku usaha tersebut ke kantor guna pemeriksaan lebih lanjut” sebut H. Nandang lagi.

“Dihimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu stay at home / berada dirumah saja sepanjang tidak ada keperluan penting jangan keluar rumah dan para pelaku usaha yang dianjurkan menutup usahanya agar mematuhi aturan yang berlaku guna memutus matarantai Virus Covid 19”, himbau Kombes Nandang. (hms/jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *