Pemkot Bekasi Pesan Satu Juta Masker Kain untuk Dibagikan Gratis ke Warga

oleh -30 views

Bekasi, WahanaIndoNews – Pemerintah Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat akan mendistribusikan masker kain secara gratis kepada warga untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengaku, pihaknya telah memesan masker kain untuk didistribusikan gratis bagi warga Bekasi.

“Kan Presiden sudah mengimbau (untuk menggunakan masker), kita sudah pesan satu juta masker. Nanti kita sama-sama semua turun membagikan itu,” ujar Pepen atau Effendi di Bekasi, Rabu (8/4/2020).

“Kita sama-sama nanti bagikan (jika udah siap dibuat maskernya dan telah diterima Pemkot). Kota pesan di wilayah Bekasi, mereka 20.000 per hari produksinya,” kata dia.

Dilansir dari kompas.com, Pepen mengimbau warga lebih sering menggunakan masker jika masih berkegiatan di luar rumah.

Dengan demikian, bisa mencegah penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, sudah meminta seluruh masyarakat untuk menggunakan masker jika keluar rumah.

Hal ini sesuai dengan rekomendasi World Health Organization (WHO) dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Yuri menjelaskan, masyarakat umum dapat menggunakan berbahan dasar kain. Sedangkan tenaga kesehatan wajib mengenakan masker bedah atau masker N95.

Menurut dia, penting bagi seluruh masyarakat untuk menggunakan masker, karena ketika seseorang berada di luar rumah akan ada banyak sekali ancaman penularan virus.

Disarankan, penggunaan masker kain tidak lebih dari empat jam. Setelahnya, masker harus dicuci menggunakan sabun dan air dan dipastikan bersih sebelum dipakai kembali.

Saat ini tercatat pada website resmi Dinkes Kota Bekasi ada 552 orang dalam pemantauan (ODP) dan 243 pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Covid-19.

Sementara ada 70 pasien positif Covid-19 saat ini. Jumlah tersebut bertambah dari Selasa (7/4/2020) ada 68 pasien positif Covid-19. (kc/jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *