Dirlantas Polda Sumbar Pastikan Kendaraan Operasional Layak Pakai

oleh -26 views

Padang, WahanaIndoNew.Com – Pihak Direktorat Lalu-lintas (Ditlantas) Polda Sumbar, memastikan seluruh kendaraan operasional laik pakai. Kepastian ini diketahui setelah dilakukan pengecekan puluhan kendaraan, Senin (9/3) pagi di kantor Ditlantas, jalan Nipah, Padang.

“Total kendaraan bermotor (Ranmor) operasional yang dicek sebanyak 23 unit. Mobil patroli sepuluh unit, sepeda motor tujuh unit, dan kendaraan SIM Keliling enam unit,” kata Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Yofie Girianto Putro.

Ia melanjutkan, pengecekan tersebut merupakan tugas rutin, dan bertujuan untuk mengetahui kondisi Ranmor operasional, sehingga dapat memudahkan para personel Ditlantas Polda Sumbar selama melaksanakan tugasnya.

“Hasilnya, seluruh Ranmor operasional dalam keadaan baik dan laik jalan. Kita melakukan pengecekan secara mendadak ini sebagai bentuk kesiapan, terutama melayani masyarakat di jalan raya,” ujar Yofie.

Ia menambahkan, seluruh Ranmor tersebut akan digunakan untuk pengamanan atau pengaturan di jalan raya, terutama pada Ramadan dan Idulfitri,  yang tinggal beberapa bulan lagi.

“Tentu segala kesiapan dan kondisi Ranmor harus diperiksa, jika ada yang kondisi tidak baik tentu dapat segera diperbaiki. Namun, Alhamdulillah semuanya laik jalan, tetapi tetap kita pelihara,” ungkap Yofie.

Selain memeriksa puluhan Ranmor operasional sambung Yofie, juga dilakukan pengecekan sekitar 1.000 buah  water barier atau pembatas jalan. Benda tersebut merupakan barang inventarisasi dari Korlantas Polri yang diterima akhir Desember 2019.

“Water barier akan disalurkan ke jajaran Satlantas dalam waktu dekat, terutama jajaran yang memiliki kerawanan macet dan bencana alam. Benda itu digunakan untuk penutupan arus lalu lintas dan pengalihan serta pembatas lajur pada jalan,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, pemeriksaan Ranmor operasional didahului dengan apel pagi pukul 06.00, serta sarapan pagi bersama. Pada apel tersebut personel diminta disiplin saat bertugas, dan melayani masyarakat dengan ikhlas.

“Kita menginginkan personel Ditlantas supaya bertugas dengan sungguh-sungguh. Oleh karena itu kedekatan masing-masing personel harus tercipta, makanya kita  sarapan pagi bersama, sehingga personel merasa nyaman dan dapat tersalurkan juga kepada masyarakat di lapangan,” tutup Yofie. (rls/jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *