oleh

7 Kebiasaan Pria yang Sering Membuat Sakit

-Kesehatan-367 views

Wahanindonews|Bagi pria dewasa, menjaga kesehatan merupakan hal yang mutlak. Sebuah penelitan dari Rumah Sakit Toronto, St Michael mengatakan, laki-laki 14 persen lebih mungkin menderita suatu penyakit. Mereka sangat mungkin menderita asma, diabetes, hipertensi, atau penyakit paru selama periode sepuluh tahun. Hal ini disebabkan karena laki-laki lebih malas mencari perawatan ketika gejala sakit muncul daripada wanita. Ditambah lagi, beberapa kebiasaan pria yang kerap kali meningkatkan risiko sakit.

Tidak melakukan pemeriksaan kesehatan
Sebagian pria lebih memilih untuk tidak memeriksakan kesehatan mereka secara teratur atau melakukan pemeriksaan kesehatan kepada dokter saat masih sehat. Hal ini disebabkan karena pria takut dan kebingungan apa yang harus dilakukan ketika mendapati hasil pemeriksaan yang ternyata terdapat gangguan di dalam tubuhnya.

Merokok
Rokok adalah hal yang buruk bagi tubuh, namun beberapa pria masih merokok setiap haari. Risiko umum yang sering sudah sering kita dengar adalah gangguan jantung dan kanker. Bahkan merokok bisa menyebabkan penuaan dini dan mengganggu reproduksi yang akan sangat mengganggu kehidupan pria.

Memiliki sikap tertutup
Sebagian pria memiliki sifat yang tertutup dalam mengekspresikan emosi atau meminta bantuan dan dukungan. Sebagai konsekuensinya, hal ini dapat mengakibatkan risiko depresi hingga bunuh diri. Depresi ini bisa datang dari berbagai kegiatan seperti pekerjaan, hubungan dengan pasangan, atau aktivitas lainnya. Jika terus dibiarkan depresi juga bisa menyebabkan terjadinya risiko serangan jantung hingga stroke.

Sering mandi air panas
Penelitian dari University of California, San Francisco, menyebutkan bahwa mandi dengan air panas tiga kali berturut-turut  bisa menyebabkan gangguan kesuburan pada pria. Sperma dapat berkembang dengan baik pada suhu udara yang normal atau sejuk. Tak hanya mandi dengan air panas, memangku laptop dalam jangka waktu lama juga bisa menyebabkan gangguan kesuburan.

Tidak menggosok gigi
Menggosok gigi merupakan sebuah hal yang wajib kita lakukan, namun sering diabaikan oleh para pria. Menurut penelitian American Dental Association, hanya 66 persen pria yang menggosok gigi dua kali dibandingkan dengan 86 persen wanita. Ketika pria tidak menggosok gigi secara teratur dan baik akan menyebabkan gangguan pada gusi, sehingga bisa menimbulkan risiko terjadinya penyakit jantung, disfungsi ereksi dan demensia.

Tidak mencuci tangan
Menurut penelitian American Society for Microbiology Soap and Detergent Association, satu dari tiga pria tidak mencuci tangannya setelah keluar dari kamar mandi. Tidak mencuci tangan setelah dari kamar mandi adalah cara tercepat untuk menyebarkan kuman dan infeksi, tidak hanya pada diri Anda sendiri, namun juga kepada orang lain.

Konsumsi makan makanan cepat saji
Kehidupan modern seperti padatnya aktivitas membuat beberapa pria memilih cara praktis dalam memilih makanan, dan hal tersebut juga terjadi pada pria yang lebih memilih makanan cepat saji. Meskipun sudah mengetahui akibat buruk dari makanan cepat saji yang mengandung garam, lemak dan kalori dalam jumlah besar sehingga bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti diabetes dan dan jantung, namun beberapa pria masih tetap saja mengonsumsinya. Padahal ada cara mudah untuk menghindari hal ini, yaitu dengan membawa bekal sehat dari rumah.

Article By Rianti Fajar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed