oleh

Pastikan Kelancaran Operasional, Wabub Karimun Sidak Acara GPM

wahanaindonews.com, Karimun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun melalui Dinas Pangan, dan pertanian mengadakan kegiatan gerakan pangan murah (GPM) yang berlangsung serentak di seluruh indonesia, di GOR Badang Perkasa Tanjung Balai Karimun, Senin, 1 April 2024.

Acara GPM ini dimeriahkan oleh kehadiran Wakil Bupati Anwar Hasyim, beserta Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Karimun, para kepala instansi pemerintah (OPD), perwakilan dari Bulog (Badan Urusan Logistik Nasional), dan berbagai pemangku kepentingan.

Ratusan warga yang sebagian besar adalah ibu-ibu antusias berkumpul sejak dini hari untuk memanfaatkan bahan pokok terjangkau yang ditawarkan dalam acara tersebut.

GPM, yang buka hanya satu hari mulai pukul 08.00 hingga selesai, menyaksikan masyarakat dengan sabar mengantri dan sibuk untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari yang murah.

Wakil Bupati (Wabup) Karimun Anwar Hasyim menyoroti, Gerakan Pangan Murah bertujuan untuk mencegah lonjakan harga yang biasa terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk menjamin kecukupan pasokan pangan bagi masyarakat Karimunjawa.

“Harapannya melalui kegiatan pasar terjangkau ini, kita dapat membantu masyarakat dalam membeli barang-barang kebutuhan pokok dengan harga di bawah standar harga pasar,” kata Anwar Hasyim.

“Beberapa pasar terjangkau ini sudah kita adakan, dan besok kita adakan satu di Moro, disusul setelah Idul Fitri di Kundur,” imbuhnya.

Wakil Bupati Anwar Hasyim meyakinkan masyarakat terkait ketersediaan dan pengendalian stok barang kebutuhan pokok di Karimun, mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Sukriyanto Jaya Putra saat diwawancarai awak media. Foto (Jan)

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Sukriyanto Jaya Putra menegaskan, GPM sangat penting untuk menstabilkan pasokan dan harga baik di tingkat produsen maupun konsumen.

Ia menambahkan, hal tersebut memberikan akses langsung bagi masyarakat terhadap bahan pokok yang terjangkau dibandingkan harga pasar biasa.

“Kami berharap Gerakan Pangan Murah dapat membantu masyarakat kita pada Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H/2024,” kata Sukriyanto.

Berbagai komoditas tersedia di GPM, antara lain beras 5 kg seharga Rp 53.000, gula pasir seharga Rp 15.000 per kilogram, telur seharga Rp 50.000 per papan, minyak goreng 1 liter seharga Rp 14.000, daging beku seharga Rp 85.000, tepung terigu seharga Rp 8.600, kacang tanah seharga Rp 23.500, cabai merah segar seharga Rp 60.000, dan cabai rawit seharga Rp 60.000. (Jan)

Editor: Sar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed