Ketua DPRD Natuna Berharap Pelabuhan Regional Penagi Bisa Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Natuna12 views

Wahanaindonews.com, Natuna – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Natuna, Daeng Amhar, berharap pelabuhan regional penagi bisa mengikatkan ekonomi masyarakat di Bidang transportasi kepada masyarakat.

“Pelabuhan ini dibangun untuk meningkatkan konektivitas dan pelayanan transportasi laut di wilayah Kepri, khususnya Natuna, untuk itu diharapkan pembangunan ini bisa memberikan peningkatan ekonomi diperbatasan”, ucap Amhar, di pelabuhan Penagi, Rabu (17/1/2024).

Proyek rehabilitasi ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 dengan total anggaran Rp 15,044 miliar. Pekerjaan meliputi trestle, dermaga, lampu penerangan jalan umum tenaga surya (LPJU TS), fender, gudang, gedung terminal, dan kanopi, dengan pelaksanaan oleh PT. Yudha Perkasa Utama dan supervisi oleh PT. Priangan Raya Utama.

Sambung Amhar menyatakan bahwa pembangunan rehabilitasi pelabuhan merupakan prioritas daerah Kepulauan, mengingat pentingnya akses transportasi laut dalam pembangunan daerah perbatasan.

Ia menekankan bahwa aksesibilitas laut menjadi transportasi utama bagi masyarakat untuk keluar daerah dan mendistribusikan kebutuhan pokok.

“Semoga dengan beroperasinya pelabuhan pengumpan Regional Penagi ini, arus transportasi laut menjadi lebih lancar dan memberikan dampak positif bagi masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Ansar menambahkan bahwa infrastruktur penghubung seperti pelabuhan dan sarana prasarana lainnya menjadi hal yang mendesak dalam mendukung konektivitas antar pulau.

Kolaborasi antara pemerintah daerah, provinsi, dan pusat diperlukan untuk membangun infrastruktur yang memadai. Ia juga menyerahkan aset Pemprov berupa pelabuhan Binjai dengan anggaran Rp 2,5 miliar kepada Pemkab Natuna, sebagai kawasan penghubung antara Ranai dan Sedanau.

Ansar menambahkan, peresmian pelabuhan ini diharapkan dapat membantu mobilitas masyarakat Natuna serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan di wilayah tersebut.

“Sinergi antar instansi diharapkan dapat terus berjalan untuk mendukung pembangunan daerah perbatasan,” harapnya. (Oki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *