oleh

Gubernur Kepri Terima Arahan Presiden Soal Antisipasi Omicron

wahanaindonews.com, Kepri -Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad bersama seluruh kepala daerah, Pangdam, dan Kapolda se-Indonesia menerima pengarahan dari Presiden Joko Widodo menyusul ditemukannya varian baru Covid-19 yaitu Omicron di Indonesia.

Pengarahan oleh Presiden Jokowi tersebut disiarkan langsung dari Istana Kepresidenan, Jakarta, sementara Gubernur Ansar mengikutinya dari gedung DPRD Kepri, Tanjungpinang, Kamis, 16 Desember 2021.

Dalam pengarahan tersebut, Presiden Jokowi memberikan tiga arahan utama kepada seluruh Kepala Daerah, Pangdam, maupun Kapolda. Yang pertama adalah terdeteksinya varian Omicron di Jakarta. Presiden Jokowi mengingatkan seluruh daerah untuk mempersiapkan langkah-langkah antisipasi untuk menanggulangi dampak penyebaran virus Covid-19 varian omicron.

“Sekarang yang harus kita lakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian Omicron tidak meluas di tanah air. Jangan sampai terjadi penularan lokal,” ujar Presiden.

Presiden memerintahkan kepada Kepala Daerah untuk meningkatkan kesiapan seperti oksigen, obat-obatan, dan tempat tidur bagi pasien. Kapasitas tracing dan testing di setiap daerah juga diminta oleh Presiden Jokowi untuk ditingkatkan sesuai dengan standar World Health Organization (WHO).

Lalu Presiden Jokowi menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah untuk berkerja sama dengan TNI dan Polri mempercepat vaksinasi. Provinsi Kepulauan Riau sendiri termasuk dalam provinsi dengan capaian vaksinasi yang tertinggi di Indonesia.

“Lakukan vaksinasi dengan cara kreatif dan inovatif, sekarang lebih sulit untuk memvaksin masyarakat karena banyak yang sudah berpikir pandemi ini sudah selesai,” ujar Presiden.

Yang terakhir, Presiden mengingatkan kepada seluruh daerah untuk meningkatkan kewaspadaan di Natal dan tahun baru. Seluruh kepala daerah agar mengantisipasi tidak ada kerumunan massal dalam perayaan Natal dan tahun baru untuk mencegah naiknya angka positif Covid-19.

Editor: SR

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed