oleh

Bupati Siak Serahkan 300 Sertifikat Tanah Gratis

-Berita, Siak-10 views

wahanaindonews.com, Siak – Bupati Siak Alfedri menyerahkan sertifikat tanah gratis kepada masyarakat penerima program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan restribusi tanah kegiatan BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kabupaten Siak.

“Kami atas nama Pemkab Siak mengucapkan terima kasih kepada pihak BPN. Ada 300 sertifikat yang akan sudah diserahkan kepada masyarakat,” ujar Bupati, Sabtu, 4 September 2021.

Program PTSL ini dibuat agar seluruh bidang tanah didaftarkan dibuat peta bidangnya. Sehingga akan terjadi tertib administrasi pertanahan di Indonesia termasuk di Kabupaten Siak.

“Tentu kita akan siapkan regulasinya dan kita bahas bersama, seperti apa cocoknya, begitu juga pra persiapan untuk program PTSL. Kepada penerimaan sertifikat kami ucapkan selamat. Tanah tersebut sudah memiliki kepastian hukum dan kepastian hak dan bernilai ekonomis,” katanya.

Kepala BPN (Badan Pertanahan Nasional) kabupaten Siak Budi Satria mengatakan, pihaknya menargetkan Sertifikat Tanah Program Strategis Nasional di Kabupaten Siak selesai tahun 2024. Total jumlah bidang tanah di Siak mencapai 195.000 bidang sertifikat. Sementara Bidang tanah yang sudah bersertifikat berjumlah 120.000.

Saat ini bidang tanah yang belum tersertifikat berjumlah 73.000. Ini lah yang kita cicil tahun demi tahun. Target kita tahun 2024 lewat PTSL seluruh bidang tanah di Siak sudah selesai semua.

Lanjutnya, Program PTSL ini terbagi dua yakni PTSL yang langsung dikelola Badan Pertanahan sejumlah 6.000 sertifikat. Kedua PTSL yang dikerjakan pihak ketiga berjumlah 10.000 bidang.

Yang 6.000 sudah selesai kita kerjakan pada bulan Agustus ini. 10.000 sedang berjalan kita selesaikan. Kita juga memiliki kegiatan lain seperti target redistribusi mencapai 3.700. Sangat masuk akal kalau kemudian di tahun 2024 menargetkan seluruh bidang-bidang tanah di Siak ini sudah terdaftar.

SULIYANI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed