oleh

Kabupaten Dairi Raih Opini WTP 7 Kali Berturut-Turut

Medan, Wahanaindonews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi Sumatera Utara berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terbaik dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020 bertempat di Auditorium Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol No. 22, Medan, Selasa (11/05/2021) .

Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Sumut, Eddu Octan Panjaitan.SE.MM, Ak.CA kepada Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu bersama Ketua DPRD, Sabam Sibarani yang disaksikan langsung oleh Kepala Sub Audit Auditorat Sumut III syafruddin lubis SE. Ak. CA, dan Pengendali Teknis Netty Sinaga.

Dalam acara tersebut turut hadir mendampingi Bupati Dairi yakni Wakil Ketua DPRD Halfensius Tondang, Wanseptember Situmorang, Sekda Drs. Leonardus Sihotang, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), Dekman Sitopu, Kepala Inspektorat Budianta Pinem.

Dalam sambutannya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan bahwa opini WTP ini penting bagi sebuah lembaga publik yang mengemban amanat rakyat dan menggunakan uang Negara.

Dengan diterimanya WTP ini, kata Bupati Dairi Eddy Berutu, maka menunjukkan bahwa laporan keuangan Pemkab Dairi 7 tahun berturut-turut sudah sesuai dengan prinsip dan standar yang berlaku di Indonesia berdasarkan pemeriksaan BPK RI.

“Kami bersyukur dinilai cakap dan berkomitmen tinggi dalam pelaporan keuangan 7 kali berturut. Predikat ini semakin membuat kami optimis dalam mewujudkan Dairi Unggul,” ujarnya.

Dirinya menganggap, Pemkab Dairi dalam anggaran tahun 2020 sama seperti daerah lain menghadapi tantangan dan keterbatasan dalam keuangan Pemerintahan Daerah (Pemda) akibat pandemi Covid-19.

Bupati Dairi Eddy Berutu menyampaikan bahwa Pemda memprogramkan digitalisasi dan elektronifikasi anggaran dalam Elektronisikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP) serta reformasi birokrasi termasuk efektifitas anggaran yang akuntable.

“Saya berharap capaian tersebut akan memberikan  dampak positif bagi perekonomian, dan pembangunan kabupaten Dairi kedepannya”, kata Bupati,” tutup Eddy Berutu.

Pada kesempatan itu Kepala BPK Perwakilan Sumut, Eddu Octan Panjaitan.SE.MM, Ak.CA dalam arahannya mengatakan WTP kali ini adalah untuk ke 7 (Tujuh) kalinya diraih oleh kabupaten Dairi secara berturur-turut.

Meski demikian, jelas Eddu Panjaitan bahwa dalam pemberian WTP kepada Daerah
berdasarkan hasil pemeriksaan BPK  menyatakan hasil laporan keuangan entitas yang diperiksa BPK telah menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas entitas tertentu sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

“Hari ini masih 47 hari, kami masih lebih cepat menyelesaikan proses pemeriksaan ini menyelesaikan pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Dairi tahun anggaran 2020 dari 60 hari yang ditentukan oleh Undang-undang,” ucap Eddu Octan.

Kemudian, Eddu Panjaitan memberi ucapan selamat kepada kepada Pemkab Dairi yang telah memperoleh WTP selama 7 kali berturut-turut.

“Semoga dapat dipertahankan dan ditingkatkan agar hubungan baik BPK dan kabupaten Dairi semakin bisa bersinergi semakin baik untuk kedepannya,” tutup Eddu Octan Panjaitan.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani mengapresiasi atas pencapaian yang telah diraih Pemkab Dairi dan untuk masa yang akan datang akan semakin baik lagi.

Tidak lupa, Sabam Sibarani mengucapkan terimakasih atas hasil pemeriksaan yang telah dilakukan BPK dan menindak lanjuti masukan-masukan dari BPK demi perbaikan kedepan. (Edison Tumanggor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed