Pemkab Siak Laksanakan Vaksinasi Covid-19

oleh -6 views

wahanaindonews.com, Siak – Untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Siak, Pemerintah Kabupaten Siak akan melaksanakan Vaksinasi Covid-19. Vaksin yang digunakan adalah Vaksin Sinovac.

“Selain menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak, vaksinasi juga cara untuk memutus rantai penyebaran covid-19. InsyaAllah pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Siak, akan dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2021 pukul 08:00 Wib, di RSUD Tengku Rafi’an Kecamatan Siak”.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Siak Jamaluddin, saat membuka rapat persiapan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten, Jumat, 29 Januari 2021, diruang rapat Sri Indrapura.

Selain di Kabupaten Siak, Vaksinasi Covid-19 juga telah dilaksanakan di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Riau, yakni Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar dan kabupaten Pelalawan.

“Vaksinasi di Kabupaten Siak ini merupakan tahap awal, yang akan diberikan kepada 10 pejabat publik, seperti Bupati Siak, Sekda Siak, para asisten, Forkopimda, Kadis Kesehatan, Dirut Rumah Sakit, pimpinan organisasi, serta tokoh masyarakat”, kata Jamaluddin.

Jamaluddin berharap kepada seluruh unsur masyarakat agar turut membantu mensukseskan vaksinasi ini, dengan tidak menyebarkan berita Hoax yang berkaitan dengan Vaksin Covid-19.

“Alhamdulillah Vaksin yang telah didistribusikan dan akan digunakan telah dinyatakan suci dan halal oleh MUI Pusat, dan sudah memiliki Emergency Use Authorozation dari BPOM”, jelas Asisten III tersebut.

Selanjutnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Toni Candra melaporkan bahwa pada tanggal 14 Januari 2021 Dosis Vaksin sebanyak 1000 dosis telah sampai di Kabupaten Siak, kemudian tanggal 28 Januari 2021 dosis vaksin kembali datang sebanyak 2560 vaksin.

“Alhamdulillah vaksin tersebut disimpan digudang farmasi dengan aman, baik itu listrik, suhu serta penjagaan ketat oleh pihak kepolisian”,

Untuk vaksin tahap pertama ini, akan berikan kepada 10 pejabat publik serta tenaga kesehatan. Jumlah tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Siak, baik di rumah sakit maupun puskesmas berjumlah 2815 orang.

“Tenaga Vaksinator telah dilatih sebanyak 177 orang, agar pelaksanaan Vaksinasi nantinya berjalan dengan lancar sesuai dengan yang kita harapkan”, ucapnya.

Selanjutnya, Dosis Vaksin tersebut juga akan di distribusikan ke 15 puskesmas, 3 clinic, 2 rumah sakit se-Kabupaten Siak, untuk 2185 tenaga kesehatan pada hari minggu 31 Desember 2021.

“Ada beberapa kategori orang yang tidak di vaksinasi, yakni orang yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19 dan sembuh, wanita hamil dan ibu menyusui, pasien yang mengalami gangguan penyakit”,

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan beberapa gelombang. Gelombang Pertama untuk tenaga kesehatan, gelombang kedua TNI dan Polri, gelombang ketiga masyarakat dan keempat seluruh. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *