Diduga Penggunaan Dana Bos Tidak Transparan, Yayasan Sekolah Theresia Didemo

oleh -253 views

Batam, WahanaIndoNews.Com – Pengurus Yayasan Sekolah Theresia diduga telah bertindak semena-mena kepada Kepala Sekolah dan Komite Sekolah di setiap satuan prndidikan yang berada dalam naungan Yayasan Sekolah Theresia.

Tindakan otoriter Pengurus Yayasan itu terjadi diduga ada hubungannya dengam penggunaan Dana Bos. Hal itu terungkap, ketika para orang tua siswa melakukan aksi demo, Senin (15/06/2020) lalu ke Gedung Sekolah Yayasan Theresia.

Pantauan WahanaIndoNews.Com, ketika aksi demo berlangsung, Koordinator aksi, R Panjaitan menyebutkan, bahwa Pihak Yayasan Thetesia telah bertindak otoriter dan dengan sengaja memandulkan peran dari Kepala Sekolah dan Komite Sekolah, dengan tujuan untuk mengelola dana bos.

Disebutkan, fungsi dan keberadaan Kepala sekolah yang telah berlegalitas dan terdaftar di NUK ( Nomor Unit Kepala Sekolah) itu, dan para guru serta Komite Sekolah yang ada, tidak diperhitungkan sama sekali.

Pihak Orang tua siswa menduga, bahwa pengelolaan Dana Bos yang diterima oleh Satuan Pendidikan di Lingkungan Yayasan Theresia sengaja di kelola secara tidak transparan oleh Yayasan Sekolah Theresia. Diduga Dana Bos itu, hanya di ketahui oleh pihak Yayasan Sekolah Theresia.

Buktinya ujar Panjaitan dalam orasinya, Dalam struktur satuan pendidikan, keberadaan kepala sekolah dan staf administrasi pengelolaan dana bos saja adalah keluarga dari pemilik yayasan. Dalam hal ini saja, unsur Kolusi dan Nepotisme sedang dipertontonkan. Artinya, ruang dugaan untuk korupsi berjamaah pun sangat terbuka lebar.

Awalnya waktu terjadi tanya jawab antara Pihak Yayasan dengan Orang Tua Siswa berlangsung, berjalan lancar. Namun ketika Pihak Orang Tua Murid menyinggung Pihak Yayasan Theresia agar transparan dalam penggunaan Dana Bos yang diterimanya dari Pemerintah, Pihak yayasan sekolah Theresia menjadi emosi.

Parahnya, ujar Panjaitan lagi, pertanyaan demi pertanyan yang dilontarkan orang tua murid kepada Pemilik Yayasan Theresia, dijawab oleh anak pemilik yayasan dengan geram dan mengeluarkan pernyataan dengan kasar dan bernada rasis. Intinya, pertemuan para orang tua siswa dengan pihak Yayasan Thetesia tidak membuahkan hasil.

Melihat, aksi penyampaian orasi para orang tua siswa ke Yayasan Theresia itu belum membuahkan hasil dan sepertinya semakin menegang. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi keributan di lingkungannya, Pihak Ketua RT dan RW selaku pemerintah setempat, yang turut mendampingi orang tua siswa, saat itu juga langsung berinisiatif dan bertindak memberitahukan dan memanggil aparat kepolisian dari Polsek Batu Aji Batam untuk datang lokasi sekolah Yayasan Theresia.

Merasa penyampaian aspirasi tidak ditanggapi dengan baik oleh pihak Yayasan Theresia Batam, pihak Orang tua Murid yang didampingi oleh RT/RW melanjutkan perjalanan menuju Dinas Pendidikan Kota Batam dan DPRD Kota Batam untuk menyampaikan aspirasi tentang ketidaktransparanan Yayasan Theresia dalam penggunaan dana bos . (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *