Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Siak Hulu, Pilot Selamat

oleh -48 views

Siak Hulu, WahanaIndoNews.Com – Pesawat tempur jenis BAE Hawk 109 milik TNI AU mengalami kecelakaan di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Pesawat tempur TNI AU itu jatuh, Senin (15/06/2020) tadi pagi.

Menurut warga sekitar jatuhnya pesawat, yang mengaku bernama Mardi kepada wahanaindonews.com, Senin, (15/06/2020) mengatakan dirinya mendengar adanya suara pesawat yang sempat merendah dan kemudian disusul dengan suara ledakan membuat dirinya dan warga Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu kaget.

Katanya, kejadian itu sekitar pukul 8.20 WIB pagi tadi. Dan pesawat tempur yang jatuh itu menimpa rumah warga. Disusul kemudian dengan munculnya kepulan asap yang membumbung tinggi dan memancing keramaian.

Menurutnya, pesawat itu setidaknya menyebab dua rumah rusak. Dan area jatuhnya pesawat itu langsung disterilkan oleh TNI.

”Jatuhnya pesawat TNI itu berada di RT 4, RW 1, Dusun I Sialang Indah, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu. Pesawat itu menimpa dua rumah yang kebetulan rumah kosong. Tak ada korban jiwa. Saya dan warga lainnya tak bisa masuk area itu sekarang, sudah steril,” ujar Mardi.

Ketika kejadian ini dikonfirmasi kepada Kapala Penerangan Lanud TNI AU Roesmin Nurjadin Pekanbaru Letkol Sus M Zuhdi, Senin (15/06/2020), belum ada tanggapan.

Sementara Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto dalam keterangan persnya ke media membenarkan kejadian tersebut.

Dilansir dari jpnn.com, Kadispenau mengatakan bahwa Pesawat buatan Inggris itu jatuh pagi tadi sekitar pukul 08.13 di dekat permukiman warga. Dan lokasi kecelakaan itu tidak jauh dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. “Lokasi kejadian di lima kilometer dari runway 36 Lanud Rsn (Roesmin Nurjadin, red) Pekanbaru,” kata Fajar dalam keterangannya ke media.

Disebutkan,  pilot pesawat tempur itu selamat dari insiden tersebut. “Pilot Lettu (Pnb) Apriyanto Ismail berhasil melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat (kursi pelontar, red) dan selamat,” tuturnya.

Saat ini, Lettu Apriyanto sudah berada di RSAU dr. Soekirman Pekanbaru untuk pemeriksaan kesehatan lebih lanjut. Namun, Fajar memastikan pilot tidak mengalami luka yang serius.

Fajar menambahkan, TNI AU langsung membentuk tim investigasi untuk mengusut penyebab pesawat tempurnya celaka. “Untuk penyebab kecelakaan dan informasi lainnya masih dalam proses investigasi oleh tim TNI AU,” ujar Fajar Adriyanto. (jpnn/juntak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *