Pasukan Gabungan TNI Polri  Siap Amankan Kunjungan Kerja Presiden RI di Jayapura

oleh -128 views
Jayapura, – Danrem 172/ Praja Wira Yakthi Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar sebagai Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah dalam rangka kunjungan kerja Presiden RI Ir. H. Joko Widodo ikut menyambut kedatangan Presiden di bandara Sentani Jayapura, untuk meresmikan jembatan Youtefa yang di bangun atas kolaborasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Provinsi Papua, Senin (28/10/2019).

Satuan Tugas Pengamanan Wilayah ini dibentuk dalam rangka mengamankan rangkaian kegiatan kunjungan Presiden RI, yang merupakan gabungan dari pasukan TNI dan Polri sesuai dengan prosedur tetap yang harus dilaksanakan dalam rangka pengamanan VVIP/VIP.

Gelar pasukan dan gladi pengamanan dipimpin langsung oleh Danrem 172/PWY dilaksanakan dua hari sebelumnya untuk memastikan keamanan dan kelancaran selama kujungan Presiden, yang tentunya sudah melalui berbagai tahap persiapan sebelumnya secara matang.

Presiden RI Joko Widodo beserta rombongan yang didampingi oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dan Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw selepas berkunjung di Kabupaten Wamena tiba di Jayapura disambut langsung oleh Danrem, yang kemudian bergerak menuju tempat peresmian di jembatan Merah Holtekam.

Dalam sambutannya, Presiden berkata peresmian jembatan Youtefa ini adalah momen bersejarah untuk Papua, khusunya Kota Jayapura.

“Hari ini saya senang bisa meresmikan jembatan Youtefa bersamaan dengan hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda yang merupakan tonggak penting dalam perjalanan bangsa kita. Karena di hari ini, di tahun 1928 para pemuda dan pemudi di seluruh nusantara menyatakan sumpahnya. Dan jembatan ini juga menjadi tonggak sejarah di tanah Papua,” kata Jokowi.

Selain peresmian jembatan Youtefa, Presiden juga meninjau site plan dan maket pencanangan pembangunan Papua Youth Creative Hub Papua Muda Inspiratif (PMI), serta meninjau rencana lokasi yang akan dibangun menjadi tempat istana kepresidenan dan asrama mahasiswa nusantara.

Turut serta dalam rombongan Presiden RI, Menhub RI Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mendagri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P., Plt. Kapolri Komjen Ari Dono Sukmanto, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Aslog Panglima TNI Marsda TNI Kukuh Sudibyanto dan Aslog Kasau Marsda TNI Abdul Wahab.

Setelah meresmikan jembatan Youtefa, Presiden beserta rombongan menuju Bandara Sentani untuk melanjutkan perjalanan menuju Ambon.

“Saya selaku Dansatgas Pamwil mengucapkan terimakasih, karena semua pihak yang terlibat telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan sektor masing-masing, sehingga rangkaian kegiatan kunjungan kerja Presiden dapat berjalan dengan aman dan lancar. Pengamanan VVIP adalah pengamanan yang paling tinggi tingkatnya di dalam tugas kita dalam mengamankan apapun juga di Republik ini,” pungkas Binsar ditemui sesaat setelah selesai kegiatan.

s : In1 News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *