Pasukan Pengamanan Pembangunan Trans Papua Gugur Dalam Serangan Mendadak KKSB di Nduga

Kriminal, Nasional1,432 views

TIMIKA | Wahanaindonews.com – Kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) menyerang pasukan TNI yang sedang mengamankan pembangunan jembatan di Distrik Yuguru, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua, Sabtu (20/7).

Penyerangan tersebut mengakibatkan seorang prajurit TNI yang tergabung dalam pasukan pengamanan pembangunan Trans Papua, Prada Usaman Hambela, dilaporkan meninggal dunia sekitar pukul 14.10 WIT.

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi mengatakan, KKSB menyerang secara tiba-tiba pada pukul 12.45 WIT dari balik semak belukar yang berjarak sekitar 300 meter dari kedudukan pasukan TNI.

“Peristiwa tersebut terjadi saat anggota TNI sedang melaksanakan istirahat, sholat, dan makan (isoma),” kata Aidi dalam keterangan pers, Sabtu malam.

Menurut Aidi, serangan tersebut belangsung sangat singkat. KKSB dengan strategi hit and run. Mereka muncul dari rimbunnya semak belukar dan langsung memberondong tembakan ke arah pasukan TNI kemudian melarikan diri.

Pelaku penyerangan yang diduga kelompok pimpinan Egianus Kogoya diperkirakan berjumlah 4-5 orang. Pasukan TNI sempat berusaha membalas tembakan dan mengejar mereka.

“Namun dengan pertimbangan keamanan karena medan yang sangat tertutup semak-semak dan banyak jurang sangat curam, maka pengejaran dihentikan,” ujar Aidi.

Pasca kejadian, pasukan TNI melakukan konsolidasi dan pengecekan personil. Dari situ ditemukan ternyata Prada Usman Hambelo mengalami luka tembak di bagian pinggang sebelah kanan.

Peristiwa ini kemudian dilaporkan ke satuan atas untuk mendapatkan bantuan helikoolpter dalam rangka evakuasi, mengingat satu-satunya sarana angkutan menuju ke TKP hanya melalui jalur udara.

“Namun karena cuaca hujan di wilayah Nduga, proses evakuasi tidak dapat dilaksanan hingga malam hari ini,” kata Aidi.

Prada Usaman Hambela akhirnya dilaporkan menghembuskan nafas terakhir pada pukul 14.10 WIT. Aidi mengatakan, korban gugur sebagai pahlawan pembangunan.

Untuk diketahui, pembangunan jembatan Sungai Yuguru merupakan bagian dari proyek strategis nasional Trans Papua Wamena-Mumugu, di Distrik Yuguru Kabupaten Nduga, Papua.

sum : SP.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *