Sekda Batam Buka Manasik Haji Kota Batam tahun 2024

Batam, Berita23 views

wahanaindonews.com, Batam – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, secara resmi membuka Acara Manasik Haji Tingkat Kota Batam Tahun 1445 H/2024 M, di Aula Wisma PIH, Batam Centre.

Menurut Jefridin, manasik haji sangat penting untuk pemahaman yang mendalam tentang rukun Haji agar dapat menjadi Haji yang mabrur.

“Penting mengikuti kegiatan dengan baik, diantaranya memahami ikram, (niat), Wukuf, Tawaf, Sa’i hingga tahlul serta cara berpakaian yang sesuai,” ujar Jefridin, pada Minggu, 21 April 2024.

Jefridin juga menekankan pentingnya persiapan fisik dan kesehatan, termasuk mengurangi konsumsi rokok bagi yang merokok dan menjaga pola tidur yang baik. Atas nama Pemerintah Kota Batam dan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Jefridin menyampaikan harapan agar narasumber memberikan informasi secara detail untuk membantu jamaah memahami proses haji dengan baik.

“Dalam upaya mendukung jamaah, Wali Kota Batam akan memberikan uang saku sebesar Rp 1 Juta kepada jamaah Haji khusus Kota Batam,” jelasnya.

Sementara itu, dari 740 Jamaah haji, usia jamaah tertua adalah 93 tahun dan yang termuda berusia 18 tahun. Jefridin juga mengingatkan untuk menjaga kekompakan dan keselamatan selama perjalanan.

“Pesan terakhir dari Wali Kota adalah untuk menjaga kesehatan dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk beribadah, termasuk melakukan umrah bagi yang memiliki kesempatan,” kata Jefridin.

Pada kesempatan itu Jefridin juga menyarankan untuk memaksimalkan penggunaan teknologi, seperti smartphone dan Google Maps, untuk meminimalisir risiko kesesatan arah.

“Pemerintah Daerah berdoa agar seluruh jamaah dapat melaksanakan haji dengan baik dan aman. Semoga acara Manasik Haji ini menjadi awal perjalanan menuju haji yang mabrur,” tutupnya. (An)

Editor: Sar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *