April 2024, LPDS Akan Gelar UKW di Pekanbaru

Pekanbaru, Riau188 views

Pekanbaru, wahanaindonews.com – Kali ketiga, LPDS bekerjasama dengan Media SATELIT Riau, kembali akan melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Pekanbaru. Jika tidak ada aral melintang, pelaksanaan UKW akan dilaksanakan 23 – 25 April 2024.

Pelaksanaan UKW ini, digelar untuk semua tingkatan, mulai dari Wartawan Muda, Wartawan Madya dan Wartawan Utama. Penerimaan pendaftaran UKW, tahap I pendaftaran sudah dibuka sejak Rabu, 7 Februari 2024 lalu. Dan, Tahap II pendaftaran dibuka 5 April 2024 yang akan datang.

“Pelaksanaan telah dikoordinasikan dengan pihak LPDS dari Jakarta, sehingga, pelaksanaan rencananya akhir April 2024,” kata Uparlin Maharadja selaku Panitia penyelenggara kepada media di Pekanbaru Selasa (14/3/2024).

Pemilik media SATELIT Riau itu menjelaskan, pelaksanaan UKW ini, tetap mengacu kepada aturan yang ada. Harus dilalui berjenjang dari UKW Muda hingga UKW Utama.

“Tetap berjenjang. Dari UKW Muda, Madya dan Utama harus dilalui dengan rentang waktu yang telah ditetapkan Dewan Pers,” ujar Uparlin.

Pelaksanaan UKW ini dilakukan mandiri, dan berupaya menjalin kerjasama, guna mendapatkan keringanan dalam pelaksanaan UKW.

“Kita mandiri, dan belum ada kerjasama dengan pihak manapun. Kecuali, dalam perjalanannya nanti baik dari Pemerintah maupun Swasta. Yang pasti, saat ini pelaksanaannya Mandiri,” terangnya.

Disebutkan Uparlin, pelaksanaan UKW  Riau ini, diperkirakan hanya sekali pada 2024, itupun. Kuota peserta UKW terbatas di setiap jenjang tingkatan. “Ayo segera mendaftar,” imbuhnya.

Bagi yang ingin mendaftar, bisa dihubungi/japri langsung kenomor contak di nomor HP/WA: 0811-7679-359.

Terkait penguji yang hadir, LPDS akan menghadirkan penguji sangat profesional dan rencananya akan dihadiri Direktur LPDS yang baru, Kristanto Hartadi.

“Soal penguji, banyak kawan-kawan alumni UKW LPDS sudah mengetahuinya soal kapabilitas dan kredibilitasnya.

Pada bagian lain, Uparlin juga menegaskan, wartawan yang kompeten dan profesional tentu sangat diperlukan di era digitilisasi dan bagian itu masuk materi yang diujikan nantinya.

“Di era digitalisasi saat ini, tak luput juga akan ada materi yang akan diuji dlalam UKW nanti,” pungkasnya. ( Jupe )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *