oleh

Gubernur Riau Hadiri Launching Jurusan Baru SMKN 1 Pangkalan Kerinci

wahanaindonews.com, Pelalawan – Gubernur Riau, Syamsuar mengahadiri launching dan panen perdana Kelapa Sawit SMKN 1 Pangkalan Kerinci, di Desa Makmur, Kecamatan 0angkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Sabtu, 23 Juli 2022.

Gubernur Riau dan Bupati Pelalawan, Zukri Misran dan rombongan disambut langsung Kepala Sekolah SMKN 1 Pangkalan Kerinci Nurasia, dan sorak gembira dari sekitar 1800 siswa SMKN 1 Pangkalan Kerinci.

Rombongan berikutnya langsung dipandu oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Pangkalan Kerinci untuk melihat stand hasil kreativitas dari siswa siswa SMKN 1 Pangkalan Kerinci

Hadir juga Kapolres Kabupaten Pelalawan Guntur Muhammad Tariq, S.IK, PLT, Kepala OPD, Camat Pangkalan Kerinci, Kepala Desa Makmur, Kapolsek Pangkalan Kerinci, Menejemen PT. RAPP, Menejemen PT. Inti Indosawit Subur (Group Asian Agri)

Kepala Sekolah SMKN 1 Pangkalan Kerinci, menyampaikan rasa terimakasih kepada Gubernur Riau yang mau menyempatkan hadir dalam pembukaan jurusan baru di SMKN 1 Pangkalan Kerinci.

“Kami sangat bangga dan haru rasanya sekolah kami di kunjungi oleh orang nomor 1 di Provinsi Riau, terimakasih kepada bapak gubernur serta bapak bupati yang mau menyempatkan hadir di sekolah kami ini,” ucap Nurasia.

Ia mengatakan, bahwa untuk saat ini jurusan di SMKN 1 Pangkalan Kerinci ini merupakan jurusan yang terbanyak di Indonesia.

Yang dikelompokkan ada teknik otomotif, menejemen perhotelan, parawisata, pertanian, teknik informatika, elektronika, teknik kimia, akuntansi, teknik mesin atau pengelasan, listrik, tata busana, kuliner dan yang terakhir adalah teknik energi terbarukan (Biomasa).

“Semua jurusan yang ada disini adalah rekomendasi dari Kementerian Pendidikan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Nurasiah.

Bupati Pelalawan, Zukri mengatakan, bahwa sudah banyak siswa dari tamatan SMKN 1 Pangkalan Kerinci yang telah di terima di perusahaan perusahaan di Kabupaten Pelalawan.

“Saya melihat SMK ini selalu berbenah pak gub, bahkan SMKN 1 Pangkalan Kerinci ini menjadi SMKN terfavorit di Kabupaten Pelalawan terbukti dengan meningkatnya jumlah pendaftar, dan tahun ini Alhamdulillah sekitar 28 siswa alumni SMKN 1 Pangkalan Kerinci sudah diterima kerja di PT. Rapp, kita turut berterima kasih kepada pihak perusahaan dan kita berharap kerjasama yang lebih dari perusahaan dalam penyerapan tenaga kerja dari SMK,” ucap Zikri.

Sementara, Gubernur Riau Syamsuar, menyampaikan bahwa pentingnya pendidikan vokasi dibentuk guna siswa-siswi tamatan SMK dapat diperdayakan didunia kerja.

“Perlu kita ketahui bersama bahwa program pendidikan vokasi adalah program dari Presiden Jokowi, karena bagaimanapun kita harus memajukan jiwa entrepreneur siswa siswa kita ini, bahkan di pesantren-pesantren sudah digalakkan adanya santripreneur yang dilaunching langsung oleh bapak Wakil Presiden di Universitas Indonesia,” sebutnya.

Ditambahkan Demisioner Bupati Siak itu bahwa banyak pengangguran berasal dari Sekolah SMK karena banyaknya produk di SMK tidak sesuai kompetensi.

“Jumlah Pengangguran dari SMK ini terbilang tinggi karena produk-produk di SMK itu rata rata tidak sesuai kompetensi, karena terkendala salah satunya sertifikasi bidang kompetensi tersebut, nah pendidikan vokasi ini berguna agar nantinya anak anak tamatan SMK dapat diberdayakan dalam dunia kerja,” tambah Syamsuar.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita menandakan resminya launching jurusan industri dan panen perdana kelapa sawit.

Acarapun ditutup dengan simbolis pemanenan perdana kelapa sawit yang ada di pekarangan SMKN 1 Pangkalan Kerinci.(wanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed