Ketua DPRD Kepri Hadiri Musrenbang Provinsi Kepri Tahun 2022

Advetorial, Kepri198 views

wahanaindonews.com, Kepri – Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Kepri tahun 2022 dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2023, di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur, Pulau Dompak Tanjungpinang Rabu, 30 Maret 2022.

Jumaga dalam sambutannya menyampaikan beberap pokok-pokok pikiran DPRD Kepri.

Jumaga juga mengapresiasi Pemprov Kepri telah banyak mewujudkan pembangunan dan prestasi.

“Pemprov Kepri memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 11 kali berturut-turut, serta keberhasilan dalam upaya mengerem laju penyebaran covid-19, melalui vaksinasi,” ujar Jumaga.

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadaek. foto (ist)

Keberhasilan ini, kata Jumaga, tidak lepas dari peran serta Tni/Polri, Kejaksaan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kabinda, serta Stakeholder lainnya. “Ini kerja kita bersama, sehingga mendapatkan apresiasi dari bapak presiden republik Indonesia,” tuturnya.

Jumaga juga menyampaikan beberapa hal yang menjadi catatan DPRD dalam mengevaluasi pembangunan di Pemprov Kepri :

1. Kenaikan APBD Kepri yang dinilai lambat, dimana sektor pendapatan belum dimanfaatkan secara optimal, dapat dilihat dalam struktur PAD masih mengandalkan dari pajak kendaraan.

Mestinya, dalam usia yang telah memasuki ke 20 tahun, harus ada inovasi atau pengembangan pemanfaatan sumber pendapatan asli daerah lainnya.

2. Sektor Pariwisata harus mulai bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19, dengan dibukanya pintu pelabuhan dan penerbangan luar negeri, diharapkan membangkitkan kembali geliat Pariwisata dan UMKM di Kepri.

Kedepannya, guna memulihkan kembali perekonomian dan kepariwisataan, pembangunan diarahkan pada sektor-soktor yang mendorong pemulihan ekonomi dan pariwisata.

3. DPRD Kepri menekankan prioritas dan sasaran pembangunan serta penyusunan perencanaan pembangunan.

Menurutnya, selain mengacu pada RPJPD dan RPJMD, perencanaan pembangunan daerah  disusun dengan memperhatikan prioritas kebutuhan daerah, dan memiliki dampak luas bagi semua sektor seperti pembangunan jalan, fly over, selain untuk kelancaran lalu lintas, juga menambah keindahan kota sebagai daya tarik wisatawan, serta dapat menunjang dan membuka akses ekonomi yang lebih luas.

Anggota DPRD Kepri. foto (aci)

Turut hadir di acara tersebut, Wakil Ketua I DPRD Kepri, Dewi Kumalasari, Wakil Ketua II DPRD Kepri, Tengku Afrizal Dachlan,  Wakil Ketua III DPRD Kepri, Taba Iskandar, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kepri, Kamaruddin Ali, Anggota Komisi I DPRD Kepri, Sahat Sianturi, Sekertaris Komisi II DPRD Kepri, Lis Darmansyah, Anggota Komisi III DPRD Kepri, Teddy Jun Askara, dan Anggota Komisi IV DPRD Kepri, Hanafi Ekra. (Sar)

Editor: SR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *