Buka MTQ, Bupati Karimun Berharap Lahirkan Generasi Muda Qurani

Berita, Karimun333 views

wahanaindonews.com, Karimun – Bupati Karimun, Aunur Rafiq berharap, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dapat melahirkan generasi muda Qurani dan berakhlak mulia.

Generasi berakhlak mulia yang dimaksud adalah dengan menghayati dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an. Oleh karenanya, kata Aunur Rafiq, Al-Qur’an harus dijadikan sebagai pedoman dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berakhlak.

“Sehingga generasi muda yang menjadi ujung tombak kemajuan dan pembangunan bangsa ini memiliki pondasi yang kuat,” kata Aunur saat membuka MTQ tingkat Kabupaten Karimun ke XIV yang diikuti sebanyak 217 kafilah dari 14 Kecamatan, di Masjid Agung Karimun pada Sabtu, 26 Maret 2022.

MTQ tahun ini mengusung tema ‘Dengan MTQ ke XIV Tingkat Kabupaten Karimun tahun 2022 Mari Kita Bangun Generasi yang Sehat, Cerdas dan Berakhlak dengan Berawawasan Al-Qur’an’.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Kabupaten Karimun ‘Negeri Bumi Berazam ini juga menyampaikan, bahwa MTQ yang digelar setiap tahunnya merupakan ajang untuk menyiarkan dan memuliakan ayat-ayat suci Al-Quran.

“Meskipun pada tahun ini MTQ Kabupaten Karimun harus digelar secara sederhana serta masih mematuhi protokol kesehatan yang ketat akibat masih mewabahnya Covid-19, namun hal itu sama sekali tidak mengurangi semangat dari para kafilah-kafilah kita untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran,” kata Aunur Rafiq.

Bupati Aunur Rafiq menyampaikan bahwasannya MTQ Kabupaten Karimun digelar sebagai ajang seleksi bagi para kafilah untuk bertanding di MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“MTQ juga sebagai ajang seleksi bagi kafilah, jika kafilah berhasil meraih nilai terbaik atau juara maka akan kita siapkan untuk menjadi utusan Karimun dalam MTQ tingkat Provinsi Kepri di Anambas,” paparnya.

Ia juga menyakini, digelarnya MTQ setiap tahunnya akan selalu melahirkan qori dan qoriah yang berprestasi dan dapat mengharumkan Kabupaten Karimun.

“Karimun adalah salah satu daerah yang melahirkan qori dan qoriah yang berprestasi dan selalu diperhitungkan, terakhir kita berhasil menjadi juara umum MTQ tingkat Provinsi Kepri tahun 2020. Semoga tahun ini anak-anak kita kembali berhasil mengharumkan nama Karimun di ajang MTQ tingkat provinsi Kepri,” terangnya.

Bupati Aunur Rafiq juga berpesan kepada para kafilah yang belum meraih juara di tingkat Kabupaten untuk tidak berkecil hati. Sebaliknya Ia mengajak para kafilah untuk menjadikannya sebagai cambuk untuk dapat lebih baik lagi di ajang MTQ berikutnya.

“Jangan berkecil hati, terus perbaiki dan jadikan kegagalan sebagai cambuk untuk lebih baik. Ingat yang paling utama adalah bagaimana kita tetap menyiarkan dan melantunkan ayat-ayat suci Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Aunur Rafiq.

Pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Karimun tahun 2022 ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Karimun, Drs H Muhammad Firmansyah M.Si, Ketua DPRD Karimun, Muhammad Yusuf Sirat S.IP, Kepala Kementerian Agama Karimun, Drs H Jamzuri M.Si dan FKPD serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Editor: SR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *