MTQ XVI Kota Tanjungpinang Bakal Digelar 20 Maret 2022

wahanaindonews.com, Tanjungpinang – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVI tingkat kota Tanjungpinang, bakal digelar 20 hingga 25 Maret 2022 di lapangan Pamedan A. Yani, Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri).

Persiapan gelaran mensyiarkan Alquran di kota Tanjungpinang ini, dibahas dalam rapat checking akhir Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVI tingkat kota Tanjungpinang, di ruang rapat Engku Putri Raja Hamidah, kantor wali kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin, 14 Maret 2022.

Sejumlah persiapan mengenai rangkaian acara,  hingga teknis pelaksanaan pun dimatangkan dalam rapat yang dipimpin Wali Kota Tanjungpinang, Rahma didampingi Wakil Wali Kota, Endang Abdullah.

Wali Kota Rahma meminta OPD yang mendapat tugas bertanggung jawab pada bidangnya masing-masing agar pelaksanaan MTQ XVI ini berjalan sukses dan lancar.

“Alhamdulillah, ini rapat terakhir menjelang lima hari pelaksanaan MTQ tingkat kota yang akan digelar 20-25 Maret 2022 di lapangan pamedan A. Yani,” ucapnya.

Dipilihnya lapangan pamedan sebagai lokasi pelaksanaan, kata Rahma, karena lebih luas, supaya tidak terjadi kerumunan yang begitu padat. Areanya pun masih bisa untuk membuat stand bazar.

Untuk itu, selama pelaksanaannya nanti, ia meminta semua pihak yang terlibat tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Intinya, pelaksanaan MTQ harus dikemas sedemikian rupa. Namun, protokol kesehatan tetap dilaksanakan,” ujar dia.

Wakil Wali Kota Endang selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tanjungpinang mengakui segala persiapan baik publikasinya, susunan acaranya, penataan bazar, kebersihan, pengamanan, serta lainnya sudah benar-benar dimatangkan masing-masing OPD.

“Tetap koordinasikan segala sesuatunya untuk menyukseskan acara MTQ ini,” pintanya.

Adapun cabang lomba yang akan dipertandingan dalam ajang MTQ XVI tingkat kota Tanjungpinang adalah cabang seni baca Alquran golongan tartil Quran, tilawah anak-anak tilawah remaja dan tilawah dewasa.

Cabang qiraat Alquran golongan qiraat Alquran Mujawwad dewasa, qiraat Alquran Murottal dewasa dan remaja. Cabang hafalan Alquran golongan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz.

Kemudian, cabang fahm Alquran serta syarh Alquran golongan putera dan puteri, cabang seni kaligrafi Alquran terdiri atas golongan naskah, hiasan mushaf, dekorasi, dan kontemporer.

Lalu cabang karya tulis ilmiah Alquran (KTIQ) dan dimeriahkan dengan perlombaan seni qasidah dan marawis.

Rencana lokasi cabang-cabang lomba akan dilaksanakan di arena utama, hotel bintan plaza, dan aula SMPN 4 Tanjungpinang. Sedangkan pendaftaran peserta dimulai 14 s.d 16 Maret 2022.

Kegiatan MTQ XVI tingkat kota Tanjungpinang ini juga akan disiarkan secara live streaming melalui channel YouTube Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang.

Editor: SR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *