Embung Tanjung Batang Perlu Digali Lagi

Natuna154 views

Wahanaindonews.com, Natuna – Kepala Desa Tanjung Batang Kecamatan Pulau Tiga, Zuldi menegaskan Embung Tanjung Batang perlu diperdalam lagi agar kapasitas daya tampung air menjadi lebih besar.

Ia menjelaskan, Embung itu dibangun sejak tahun 2016 dan dipasangkan sistem penyaluran air bersih pada tahun 2019. Embung ini dibangun pada area sekitar 1 hektare. Ukuran embung seluas 80 meter persegi dengan kedalaman sekitar 2 meter.

“Sebelumnya kami mengapresiasi kegiatan dan program air bersih yang dijalankan pemerintah, kami dan penduduk Tanjung Batang jadi senang. Hanya saja embung ini perlu diperdalam agar dapat menampung air lebih banyak lagi,” kata Zuldi di Tanjung Batang, Rabu (23/2) melalui telepon.

Dikatakannya, daya tampung air di embung itu setiap tahun selalu mengalami krisis pada saat musim panas. Akibatnya warga desa setempat terkadang bergilir mendapatkan air bersih.

Ia meyakini, faktor kekurangan air bersih itu murni karena faktor alam sebab pada saat musim panas, debet air di aliran sungai yang menjadi sumber air embung itu selalu berkurang.

Apalagi Sambung Zuldi, Embung Tanjung Batang berada di pulau kecil yang notabene mengandung debit air yang kecil juga.

Cuma menurutnya, kondisi krisis tahunan itu dapat disiasati dengan keberadaan infrastruktur yang memadai sehingga ketersediaan air tetap terjaga mesti debetnya berkurang.

“Nah, menurut kami teknis untuk mengatasi krisis ini adalah embung ini diperdalam lagi, jadi kapasitas tampungnya bisa lebih besar lagi,” paparnya.

Ia mengaku yakin, apabila embung itu diperdalam persoalan kekurangan air bersih di Desa Tanjung Batang dapat diatasi.

“Kalau di perdalam dua meter saja, Insya Allah air cukup untuk kami di sini meskipun pada musim panas,” ungkapnya.

Terkait kondisi ini, Zuldi mengemukakan bahwa pihaknya sudah menyampian persoalan ini ke Pemerintah Kabupaten Natuna dalam hal ini Dinas PU Kabupaten Natuna dan PDAM Tirtanusa Natuna.

“Alahamdulillah respon dinas PU cukup bagus, bahkan ini dijadikan prioritas oleh pemerintah, PDAM juga begitu. Dan kami juga sudah masukkan rencana kegiatan pendalaman embung ini di Musrenbang. Mudah-mudahan bisa terwujud tahun depan,” harapnya. (Oki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *