KUA Kecamatan Batam Kota, Termasuk Salah Satu KUA Piloting Revitalisasi Dari 106 Secara Nasional

Batam, Berita455 views

wahanaindonews.com, Batam – Tugas KUA bukan sekedar untuk pencatatan nikah saja yang selama ini kita tahu, namun dalam hal tersebut masih banyak peran di masyarakat.

Kepala Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama, Kecamatan Batam Kota, Adamrin, menjelaskan pada Jum’at (21/1/22) di ruang kerjanya, di Perumahan Cendana, Kecamatan, Batam Kota, Kota Batam, Kepri, bahwa pungsi dan tugas KUA itu sangat luas diantaranya adalah
pelaksanaan pelayanan, pengawasan, pencatatan, dan pelaporan nikah dan rujuk.

Kemudian penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam.

Tidak kalah penting dari hal tersebut adalah pengelolaan dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA Kecamatan, pelayanan bimbingan keluarga sakinah serta pelayanan bimbingan kemasjidan. Jelasnya.

KUA Kecamatan Batam Kota,  termasuk salah satu KUA piloting revitalisasi KUA dari 106 KUA piloting se-Indonesia pada tahun 2021, papanya di tempat yang sama.

Seiring dengan program revitalisasi ini maka KUA Batam Kota di tahun 2021 kemarin berbenah dalam menata wajah kantor, baik dalam ruangan maupun di luar.

Lanjut Adamrin di dalam ruangan yang di renovasi terdiri dari Balai Nikah, ruang front office dan ruang konsultasi serta Balai Manasik Haji.

Sementara di luar mulai dari penataan taman halaman depan kantor dan area praktek Manasik Haji di samping kantor.

Kemudian pembangunan dan penataan area praktek Manasik Haji ini sejalan dengan program unggulan di bidang layanan keagamaan adalah layanan pembinaan Manasik Haji yang di perkaya dan di tambah dengan layanan pembinaan zakat wakaf dengan sudah terbentuknya UPZ KUA Kecamatan Batam Kota. Jelasnya.

Kemudian di bidang transformasi digitalisasi program unggulannya adalah arsiparis berbasis digital.

“Jadi target kita arsip-arsip penting semuanya tersimpan secara digital di komputer, sehingga bila ada masyarakat yang datang ingin buat duplikat buku nikah karena buku nikahnya hilang misalnya maka kita tidak repot-repot lagi bongkar berkas di gudang, cukup dengan buka komputer berkasnya langsung ketemu,” sebut Kepala KUA Batam Kota H. Adamrin melalui jaringan telepon.

Seiring dengan berjalannya waktu tentunya dengan transformasi layanan ummat dan transformasi layanan digital ini akan memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dan ummat dan ini lah yang menjadi ruh dari revitalisasi KUA, ulasnya.

Lebih dari itu revitalisasi ini bermaksud untuk menjadikan KUA dengan paradigma baru.
“KUA jadi pusat layanan keagamaan di tingkat kecamatan sehingga hilang lah bayangan selama ini tugas KUA itu hanya mengurus nikah,” tutupnya. (Ramadan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *