oleh

Ketua Komisi I Hadiri Sosialisasi dan Simulasi Aplikasi Natuna Digital Desa Cerdas

-Natuna-16 views

Wahanaindonews.com, Natuna – Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Arismunandar menghadiri kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Aplikasi Natuna Digital Desa Cerdas dan Anjungan Pelayanan Mandiri di Gedung Sri Serindit, Kamis 21 Oktober 2021.

Kegiatan yang digagas oleh PT Poros Jaya Gemilang ini dibuka secara langsung oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi dan diikuti oleh para Kepala Desa Se Kabupaten Natuna.

Dalam sambutannya Wan Siswandi mengatakan kemajuan teknologi informasi saat ini harus dapat dimanfaatkan untuk peningkatan pelayanan pemerintah sampai ke tingkat desa.

“Semua kegiatan harus memakai digital, karena akan mempermudah kita, melakukan semua kegiatan,” ujarnya saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Apliaksi Natuna Digital Desa Cerdas di Gedung Sri Serindit, Kamis 21 Oktober 2021.

Didepan para Kepala Desa Wan Sis menegaskan pemerintahan desa sebagai ujung tombak pembangunan dalam pelaksananya tidak terlepas dari beberapa persoalan, komunikasi dan kerja sama dari pihak desa sampai ke kabupaten harus terus berjalan dengan baik.

“Semua data di kabupaten semuanya berasal dari desa, jadi peran desa sangatlah penting dalam pelaksanaan administrasi pemerintahan” terangnya.

Pembinaan desa di Kabupaten Natuna menurut Wan Siswandi sudah berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan prestasi yang diraih oleh salah satu desa sebagai pemenang pertama dalam lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Wan Aris, politisi Partai Nasdem ini meminta para kepala desa dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, terlebih saat ini hampir disemua tempat sinyal telekomunikasi bagus.

“Sudah saatnya beralih ke era digital, manfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk memudahkan pelayanan,” ucapnya.

Wan Aris juga meminta para kades untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh.

Sementara itu Pengembang Aplikasi dari PT Poros Jaya Gemilang, Novriyanto mengatakan bahwa aplikasi Natuna Digital Desa Cerdas teknologi informasi yang terlahir dari UU tentang Desa.

“Setiap desa berhak mendapatkan teknologi informasi, pemerintah berkewajiban mengembangkan teknologi informasi,” ucapnya.

Selain itu pengembangan aplikasi ini bertujuan untuk mewujudkan Natuna Digital, yang berawal dari lahirnya masyarakat yang cerdas melalui penyajian data valid aktual terkini.

“Data yang dihimpun juga sebagai pertimbangan dari kabupaten dalam mengembangkan perencanaan pembangunan,” terangnya.

Hadir dalam acara tersebut Pj Sekda Natuna, Boy Wijanarko, Kadis DPMD Kabupaten Natuna, Anrizal Zen. (Oki)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed