oleh

DPRD Siak Rapat Paripurna Ganti Pimpinan, Indra Gunawan Kembali Duduki Kursi Ketua

wahanaindonews.com, Siak – DPRD Kabupaten Siak menggelar rapat paripurna penggantian Ketua DPRD Siak dari Fraksi Golkar, Senin, 13 September 2021.

Dalam rapat itu disampaikan usulan pemberhentian Azmi sebagai ketua sekaligus mengumumkan Indra Gunawan sebagai calon ketua baru mengisi sisa masa jabatan 2019-2024.

Pergantian itu berdasarkan SK DPP Partai Golkar Nomor: B-642/Golkar/VIII/2021 tanggal 24 Agustus perihal persetujuan PAW pimpinan DPRD Siak, lalu Surat Instruksi DPD I Golkar Provinsi Riau Nomor: SI-07/DPD/Golkar-R/VIII/2021 tanggal 26 Agustus perihal tindaklanjut PAW pimpinan DPRD Siak dan SK DPD II Golkar Kabupaten Siak Nomor: B-07/DPD/Golkar-S/VIII/2021 tanggal 30 Agustus tentang calon pengganti pimpinan DPRD Siak.

Setelah ini hasil keputusan disampaikan kepada Gubernur Riau melalui Bupati Siak untuk peresmiannya. Sementara waktu pimpinan dewan digantikan oleh Plh

Menurut Androy, prosedur pergantian pimpinan di DPRD Siak sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, dalam Pasal 36, 37 dan 38.

Digantinya Azmi oleh Indra Gunawan belum diketahui pasti alasannya, bahkan Indra Gunawan belum mau menjawab dan mengaku hanya menjalankan instruksi partai.

Indra Gunawan juga pernah menjabat sebagai ketua DPRD Siak periode 2014-2019, semasa kepemimpinan Bupati Syamsuar yang kini menjadi Gubernur Riau.

Saat menjabat, Indra Gunawan dinilai sukses menjalankan tugasnya hingga selesai. Mampu menghasilkan banyak produk dalam aspek bidang hukum diantaranya 64 Peraturan Daerah (Perda), 3 Perda Inisiatif dan keputusan lainnya dalam 5 tahun.

Sebelumnya, kabar pergantian Ketua DPRD Siak memang sudah mencuat di publik, dari rapat pleno DPD II Golkar Siak pada Juni 2021 lalu. Saat itu sempat ricuh akibat perseteruan kubu Azmi yang menolak hasil pleno. Namun pada akhirnya kubu Indra Gunawan dapat persetujuan dari DPP Golkar untuk merebut posisi Azmi.

SULIYANI

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed