oleh

DLH Kota Batam Akan Gelar Sosialisasi Yustisi Kebersihan

-Batam, Berita-35 views

WAHANAINDONEWS.com, Batam – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam akan menggelar sosialisasi, edukasi dan yustisi kebersihan di Batam. Kegiatan tersebut dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom, Rabu, 28 Juli 2021.

“Akan diikuti camat, lurah, hingga RTRW,” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam Herman Rozie, Selasa, 27 Juli 2021.

Merujuk pada Undang-undang nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan sampah, Perda Kota Batam Nomor 11 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah dan Perda Nomor 16 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum, sosialisasi penindakan ini dilakukan karena masih banyak ditemukan warga yang membuang sampah tidak pada tempat yang seharusnya.

“Seperti di pinggir jalan, median jalan, hingga TPS ilegal,” ucap Herman.

Untuk itu dipandang perlu, lanjut dia, perlu upaya persuasif dan edukatif kepada masyarakat. Yang tentunya akan diikuti dengan penegakan aturan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Makanya, kami gelar kegiatan ini,” ucap dia.

Tidak ujuk-ujuk membicarakan perihal penindakan, jauh-jauh hari berbagai kegiatan telah DLH lakukan. Dari sosialisasi pilah sampah dengan kader posyandu dan kader desa (kelurahan) siaga.

Selain itu, eco office juga dilakukan, penegakan perda hingga turun langsung ke masyarakat.

“Dan, hari Kamis ini kam sosialisasi dengan PKK se-Kota Batam,” ungkap dia.

Kegiatan, sosialisasi pilah sampah dan berbagai kegiatan lainnya juga didukung Ketua PKK Kota Batam yang juga Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina Rudi, Dalam sambutannya, sebut Herman, Marlin  mengatakan bahwa mengurangi sampah dari rumah adalah tanggung jawab kita bersama.

“Sebagai ketua PKK beliau berharap seluruh kader PKK, posyandu dan desa siaga dapat membudayakan pilah sampah dari rumah sehingga terwujudnya Batam bersih dan lingkungan yang bersih untuk warisan anak cucu kita di masa yang akan datang,” papar dia.

Herman mengatakan, berbagai upaya yang dilakukan oleh DLH tidak lain untuk mewujudkan Batam yang lebih bersih. Terlebih lagi, dibawah kepemimpinan Wali Kota Batam Muhammad Rudi,  Batam diproyeksikan menjadi kota wisata yang bersih.

“Bersih juga itu sehat,” pungkasnya.

MARTO

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed