oleh

15 Kecamatan di Natuna Sudah Terpapar Virus Corona

-Natuna-123 views

Wahanaindonews.com, Natuna – Penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Natuna kini telah mencapai angka 695 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif. Data tersebut merupakan update terakhir Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Natuna pada Kamis (24/6/2021).

Dari total tersebut, 561 orang telah dinyatakan sembuh, 125 pasien yang masih menjalani karantina baik mandiri maupun terpadu dan 9 orang meninggal akibat virus yang menyerang sistem pernapasan itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah sekaligus juru bicara Tim Satgas Penangan Covid-19 Natuna, mengungkapkan Kabupaten Natuna saat ini termasuk zona orange.

“Dari 15 kecamatan di Natuna semua sudah terpapar virus corona,” kata Hikmat kepada wahanaindonews.com, Jumat (25/6/2021)

Ia merincikan data penyebaran Covid-19 di Natuna melalui temuan puskesmas di lapangan, sebagai berikut;

-Puskesmas Pulau Laut, telah menemukan 1 kasus positif dan kini telah dinyatakan sembuh.

-Puskesmas Kelarik, terdapat 3 kasus positif, 2 diantaranya masih dalam tahap penyembuhan atau karantina dan 1 telah meninggal dunia.

-Puskesmas Sedanau, terdapat 35 kasus positif, 2 masih melakukan isolasi dan 33 telah dinyatakan sembuh.

-Puskesmas Pulau Tiga, tercatat 3 kasus positif dan ketiganya telah dinyatakan sembuh dan telah menjalani karantina.

-Puskesmas Pulau Tiga Barat, tercatat 6 kasus positif dan semuanya telah sembuh.

-Puskesmas Midai, tercatat 60 kasus positif, 51 telah sembuh, 7 dikarantina dan 2 dinyatakan meninggal dunia.

-Puskesmas Subi, terdapat 12 kasus positif, diantaranya 7 masih dikarantina dan 5 telah sembuh.

-Puskesmas Batubi, terdapat 13 kasus positif, 4 sedang menjalani perawatan isolasi dan 9 telah dinyatakan sembuh.

-Puskesmas Tanjung, mencatat 18 kasus, 2 masih diisolasi san 16 telah sembuh.

-Puskesmas Cemaga, terdapat 7 kasus positif diantaranya 6 sudah sembuh dan 1 meninggal dunia.

-Puskesmas Bunguran Tengah, terdapat 18 kasus, 3 masih menjalani isolasi dan 15 dinyatakan sembuh.

-Puskesmas Serasan, tercatat 26 kasus positif, 14 sedang dikarantina dan 12 telah sembuh.

-Puskesmas Serasan Timur, terkonfirmasi positif sebanyak 9 orang diantaranya 3 telah sembuh dan 6 pasien masih menjalani isolasi.

-Sementara itu, Puskesmas Ranai yang berada di Kecamatan Bunguran Timur dan memiliki penduduk terbanyak kurang lebih sekitar 23 ribu jiwa. Tercatat 484 kasus positif Covid-19, diantaranya 78 orang masih dalam karantina, 401 sembuh dan 5 orang telah meninggal dunia.

Hikmat juga menyampaikan bahwa, dengan demikian persentase data Covid-19 di Kabupaten Natuna tercatat sebagai berikut.

Jumlah kasus positif 695, karantina atau isolasi sebanyak 125 pasien atau sekitar 18 persen dari jumlah keseluruhan, sembuh 561 atau sekitar 80 persen dan meninggal dunia sebanyak 9 orang atau sekitar 1 persen.

“Kamis, pasien yang dikarantina sebanyak 125 pasien, hampir seluruhnya dirawat di tempat Karantina Terpadu yang telah disediakan pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Natuna, Imam Su’udi menjelaskan bahwa, tempat isolasi terpadu ataupun karantina di Kecamatan Bunguran Timur terdapat beberapa lokasi yaitu, RSUD Natuna, RS TNI dan Asrama Haji, Kodim, Lanal.

“Untuk kecamatan di luar Bunguran Besar, tempat isolasi ada yang di kecamatan dan ada yang di tiap desa yang telah disetujui oleh gugus tugas kecamatan,” kata Imam melalui pesan WhatsApp.

Terakhir Hikmat kembali mengimbau dan berharap kepada masyarakat yang memiliki gejala untuk segera melakukan pemeriksaan tanpa ada rasa takut.

“Himbauan kepada masyarakat apabila terjadi kontak erat terhadap salah satu pasien yang terkonfirmasi positif untuk segera melakukan pemeriksaan, hal ini bertujuan agar tidak terjadinya klaster penyebaran terbaru,” pungkasnya. (Prengki)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed