oleh

PLBN Serasan Sedang Digesa

-Natuna-63 views

Wahanaindonews.com, Natuna – Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Serasan yang berada di Kecamatan Serasan ditargetkan rampung pembangunannya pada awal tahun 2022 mendatang. Saat ini pembangunannya sedang digesa.

Sekda Kabupaten Natuna, Hendra Kusuma mengatakan PLBN Serasan merupakan sebuah infrastruktur penting bagi masyarakat Natuna untuk menjalin kemakmuran antar negara yakni kabupaten Natuna dan wilayah Kucing, negara bagian Serawak, Malaysia.

Pembangunan pos lintas batas negara ini diperjuangkan sejak lama oleh pemerintah dan masyarakat kabupaten Natuna agar jalinan transaksi masyarakat lintas negara tidak melalui jalur Kalimantan barat seperti yang ditetapkan oleh kesepakatan Malaysia Indonesia (Malindo).

“Kami pemerintah dan juga masyarakat bersyukur sekali PLBN Serasan sudah mulai dibangun tahun ini, ini akan sangat mempermudah bagi masyarakat untuk melanjutkan tradisi bertransaksi dengan warna negara bagian Serawak, Malaysia yang memang sudah terjalin sejak dulu. Jadi kita tidak perlu jauh jauh ke Kalimantan untuk bertransaksi ke Malaysia,” kata Hendra beberapa hari yang lalu

Menurutnya keberadaan PLBN ini akan membuka peluang kesejahteraan yang cukup besar bagi masyarakat dan kemajuan daerah kabupaten Natuna.

“Harapan kita PLBN ini bukan hanya membuka peluang transaksi jual beli antar negara, melainkan juga dapat berpengaruh kepada sektor pariwisata, pendidikan, kebudayaan dan lain sebagainya sehingga daerah kita lebih terbuka untuk mencapai kemajuan,” ujar Hendra

Demikian diterangkan Kepala Badan Pembangunan Perbatasan (BPP) Kabupaten Natuna, Marka Dj kepada media ini, beberapa hari yang lalu.

“Proses pembangunan PLBN sejauh ini berjalan baik, pembangunanya baru dimulai sejak awal tahun kemarin. Sesuai kalender kerja, pengerjaanya selama setahun setengah, cuma ditargetkan selesai bulan dua tahun depan. Proyek ini dikerjakan oleh PT. Adikarya,” terangnya.

Pembangunan ini dilaksanakan di laut dan di darat, di sisi laut pembangunan dilaksanakan di atas area seluas 2 hektare dan di sisi darat seluas 500 meter persegi.

“Sedangkan total anggarannya sebesar Rp. 133 miliar dari APBN dan lahannya dari Pemerintah Kabupaten Natuna,” sebut Marka.

PLBN Serasan merupakan PLBN tipe C yang dilengkapi dengan berbagai perangkat perlintasan antar negara seperti perangkat fasilitas kapal-kapal dan juga pelabuhan. Begitu juga dengan berbagai perangkat layanan administrasi seperti Imigrasi, kepabeanan, karantina, mess, musalla dan perangkat lainya.

“Disamping itu ada juga pembangunan peningkatan pelabuhan di antaranya perluasan lahan parkir. Mudah-mudahan saja pembangunan ini bisa rampung sesuai target sehingga pada peretengahan tahun depan dapat diresmikan dan langsung dioperasikan,” harap Marka. (Oki)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed