oleh

Bupati Dairi Hadiri Pembukaan Sinode Sinunu X GKPPD

Dairi, wahanaindonews.com – Dalam rangka pemilihan Bishop Gereja Kristen Pakpak Dairi (GKPPD), Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri pembukaan Sinode Sinunu X yang dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 9 Mei 2021, di Gedung Centrum GKPPD, jalan air bersih, Sidikalang, Sabtu (08/05/2021).

Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu  bersama Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor dan sekaligus pemberian Cinderamata berupa Oles.

Acara tersebut dilakukan secara virtual zoom dari tujuh wilayah, wilayah satu GKPPD salak Kota, wilayah dua Jambu Buah Rea, wilayah tiga Kerajaan, wilayah empat Sumbul, wilayah lima Medan, wilayah enam Jakarta, dan wilayah tujuh Subullussalam serta mematuhi Protokol Kesehatan.

Turut hadir dalam pembukaan Sinode Sinunu X, diantaranya Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting, perwakilan Dandim 0206 Dairi, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Sidikalang, para pendeta, Biblevrow, Diakones, serta para pertua GKPPD.

Dalam sambutannya, Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu, mengatakan bahwa Sinode Sinunu X GKPPD ini merupakan kegiatan terbesar gereja GKPPD untuk memilih Bishop yang akan memimpin gereja GKPPD kedepan.

“Siapapun Bishop yang terpilih nantinya adalah pilihan Tuhan, sehingga kami menyerahkan pada mekanisme yang ada,” ujarnya.

Kemudian, Ia juga mengatakan bahwa kesamaan pandangan dan kepemimpinan yang baik akan memampukan menghadapi segala tantangan yang akan diemban oleh pemimpin GKPPD yang baru.

“Kami atas nama pemerintah kabupaten Dairi juga mengharapkan kerjasama GKPPD untuk memberi masukan untuk pembangunan kabupaten Dairi yang lebih baik, dalam mewujudkan visi misi  kami “Menuju Dairi Unggul Dalam Harmoni Keberagaman” yang akan membawa kita ke peradaban baru yang lebih bermartabat,” ucap Bupati Dairi Eddy Berutu.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Sinode Sinunu X GKPPD, Charles Bancin menyampaikan Sinode Sinunu X ini merupakan rapat seluruh gereja GKPPD, biasanya dilakukan 2 kali dalam lima tahun atau 1 periode kepengurusan.

Ia juga menjelaskan bahwa acara pembukaan Sinode Sinunu X GKPPD bertujuan untuk melihat kembali rapat kerja dalam satu masa periode, kemudian memilih pimpinan pusat GKPPD atau bishop dan sekjen GKPPD, serta Majelis Pusat sebanyak 23 orang.

Kemudian, Charles Bancin menyebutkan peserta pemilihan Bishop dan Sekjen GKPPD kata Charles  terdiri dari pendeta, unsur perempuan, unsur tokoh, dan kepemudaan. Dimana penetapan Balon Bishop dan Sekjen GKPPD dihasilkan berdasarkan hasil rapat pendeta GKPPD yang telah dilaksanakan tanggal 23 April 2021 yang lalu.

Bakal Calon (Balon) Bishop GKPPD untuk periode tahun 2021 hingga tahun 2026 diantaranya, Pdt. Elson Lingga, M.Th, Pdt. Mangara Sinamo M.Th. dan Pdt Abednego Padang, Bth., M.Th. Sedangkan Balon Sekretaris Jendral (Sekjen) yaitu Pdt. Jhonson Anakampun, S.Th, MM dan
Pdt. Asalma Berutu S.Th. M.Pdk.

Selanjutnya, Ketua umum panitia Sinode Sinunu X GKPPD Pdt. Mangara Sinamo M.Th, mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya acara ini meskipun dilakukan secara virtual zoom, sekaligus merasa gembira dalam dinamika pertumbuhan GKPPD.

Ketua umum panitia Sinode Sinunu X GKPPD Pdt. Mangara Sinamo M.Th berharap untuk jemaat GKPPD untuk mendukung dalam doa dan dapat menerima seluruh proses Sinode Sinunu X, serta acara tersebut berjalan dengan baik.

Pdt. Mangara Sinamo M.Th selaku Ketua Umum Panitia Sinode X GKPPD mengajak kepada seluruh Pertua, Pendeta, Biblevrou, Diakones dan Sintua untuk mendoakan dan menerima proses-proses yang sedang akan berlangsung demi kebaikan bersama.

“Setiap kandidat yang berkompetisi mampu berkompetisi dalam kasih dan persaudaraan, karena jabatan gereja merupakan jabatan pemberian Tuhan, keputusan sinode harus dihormati sebagai wakil dari suara Tuhan,” tutup Mangara. (Edison Tumanggor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed