oleh

Gesah Kemajuan Pelalawan, Bupati Zukri Misran Paparkan Visi dan Misi

-Pelalawan-33 views

WAHANAINDONEWS.com, Pelalawan – Setelah resmi dilantik Gubernur Riau, pada Senin, 26 April 2021 lalu. Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan, Zukri Misran-Nasarudin langsung bergerak cepat untuk mengejar percepatan pembangunan daerah Kabupaten Pelalawan yang lebih maju.

Di hari pertama memimpin, Zukri Misran-Nasarudin langsung menggelar rapat bersama seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan untuk membahas penanganan dan penanggulangan Covid-19, Selasa, 27 April 2021.

Bahkan, untuk merealisasikan pelaksanaan program dalam kemajuan pembangunan Negeri Seiya Sekata ini, Zukri Misran-Nasarudin kembali mengumpulkan seluruh kepala instansi Pemkab Pelalawan, Rabu 28 April 2021.

Ket foto: Bupati Pelalawan Zukri Misran saat diwawancarai awak media. foto (ist)

Rapat yang dipusatkan di Aula Kantor Bappeda Pelalawan ini, guna membuka pelaksanaan forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 20212026.

Tidak hanya para pejabat di lingkungan Pemkab Pelalawan, sejumlah tokoh masyarakat pun tampak terlihat hadir untuk merumuskan kebijakan arah pembangunan daerah sesuai visi dan misi Pelalawan Maju melalui pelaksanaan forum konsultasi publik rancangan awal RPJMD tersebut.

Hadir juga mantan Bupati, Tengku Azmun Jaafar, mantan Wakil Bupati Marwan Ibrahim, Ketua Umum DPH Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Tengku Zulmizan Farinja Assagaff dan mantan Sekdakab Tengku Kashar Haroen.

Bupati Pelalawan, Zukri Misran, mengatakan, forum konsultasi publik rancangan awal RPJMD 2021-2026 ini dilaksanakan untuk mewujudkan visi misi dirinya bersama Wakil Bupati Nazarudin yakni Pelalawan Maju.

Ket foto: Wakil Bupati Pelalawan, Nasaruddin saat kunjungan kerja. foto (ist)

Di mana dalam visi ini, ada lima arah kebijakan program pembangunan yang telah dirancang. Diantaranya maju SDM yang agamis, maju infrastruktur, maju pemerintahan, maju ekonomi, dan maju wisata dan budaya.

Ia menyebut, melalui visi dan misi Pelalawan Maju ini, ada langkah-langkah yang akan kami lakukan, sehingga berdampak memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di Negeri Amanah ini.

“Untuk mewujudkan itu semua, maka kami akan mengedapankan pelayanan maksimal yang bisa betul-betul dirasakan masyarakat dan pembangunan infrastruktur yang merata dan peningkatan serta pengembangan pariwisata, sumber daya manusia dan ekonomi melalui Industri dan UMKM yang diharapkan memberikan efek terhadap meningkatnya pendapatan daerah,” terangnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau ini juga menjabarkan secara mendetail proyek prioritas yang akan dilaksanakannya bersama Wakil Bupati untuk mewujudkan Pelalawan Maju 2026.

Seperti peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui pendirian Institut Negeri Pelalawan (INP) yang akan di pusatkan pendidikannya di ibukota Kabupaten Pelalawan yakni Pangkalankerinci.

Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan pengembangan Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (STTP) yang berlokasi di Kecamatan Langgam sebagai pusat laboratorium mahasiswa. Sedangkan pelaksanaan pendidikan belajar mengajarnya, akan dipusatkan di Kota Pangkalankerinci.

“Kemudian, kami juga akan meningkatkan SDM tenaga kesehatan yang akan direkrut di tahun 2021 ini yakni para dokter. Para dokter ini nantinya akan disekolahkan melalui dana APBD, untuk mengambil pendidikan spesialis dengan ikatan dinas bersedia mengabdi dan di tempatkan di wilayahwilayah yang jauh dari akses ibukota. Seperti pedalaman Kuala Kampar dan Teluk Meranti yang sangat susah mendapat akses pelayanan kesehatan,” paparnya.

Sedangkan dari bidang keagamaan, sambung Zukri yang menjabat ketua DPD PDIP Riau ini, pihaknya akan memberikan bantuan beasiswa ful bagi masyarakat Pelalawan penghapal atau hafiz Alquran untuk melanjutkan pendidikan S1,S2 bahkan lanjut S3.

Serta peningkatan insentif para gharim, imam, bilal, guru MD/PTA. Pemberian bantuan serta santunan kepada anak anak kurang mampu, yatim piatu, janda tua, serta para jompo.

Kemudian, lanjut Zukri, basis perencanaan pembangunan akan terintegrasi dalam satu penyediaan satu aplikasi yang dikenal dengan nama Klik Pelalawan. Di dalam aplikasi ini, semua jenis pelayanan masyarakat dan data akan terintegrasi dengan lengkap dan akurat.

Menurutnya ini juga akan memudahkan pelayanan bagi para investor untuk melakukan investasi di Pelalawan. Selain itu juga pelayanan masyarakat akan cepat di akses sehingga tidak perlu berurusan di Kantor Kecamatan apalagi harus ke ibukota kabupaten. Karena masyarakat akan mendapatkan pelayanan prima yang langsung sampai ke desa-desa.

(Wanto / Advertorial )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed