oleh

Pemkab Dairi Menerapkan PPKM Skala Mikro Hingga 3 Mei 2021

-Berita, Daerah, Dairi-567 views

Dairi, wahanaindonews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi melalui Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melaksanakan rapat koordinasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, sekira pukul 10.30 WIB, di Ruang Rapat Bupati, Senin (26/04/2021).

Turut hadir dalam rapat tersebut, Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani SSos, Dandim 0206/Dairi Letkol Arm Adietya Y Nurtono, Kapolres Dairi diwakili Kabag OPS Polres Dairi, Kajari Dairi diwakili Kasi Datun Azmi Novendri SH, Kepala BPS Sidikalang Asi Matanari dan beberapa OPD terkait.

Dalam sambutannya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu berharap agar Pemkab Dairi dalam pelaksanaan PPKM skala mikro dapat berjalan dengan baik dan mampu menekan laju penyebaran Covid-19.

Dalam hal menerapkan PPKM skala mikro, Bupati Dairi Eddy Berutu meminta agar Camat harus melakukan sosialisasi dengan melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Berdasarkan data kasus angka penyebaran Covid-19 yang terjadi di Kabupaten Dairi maka Satuan Tugas (Satgas) harus mengeluarkan kebijakan yang efektif dan pelaksanaan PPKM mikro ini bisa berjalan dengan lancar,” ucap Eddy Berutu.

Selanjutnya, Ia juga meminta agar melakukan pengawasan protokol kesehatan yang ketat, baik itu pengawasan protokol kesehatan di pasar, kegiatan ibadah, dan pesta.

“Yang terpenting adalah meningkatkan komunikasi, koordinasi, dan sinergitas mulai dari Satgas Kelurahan, Kecamatan, hingga Kabupaten,” tutup Eddy Berutu.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani S.Sos dan Dandim 0206/Dairi Letkol Arm Adietya Y Nurtono, menyebutkan dalam pelaksanaan operasional protokol kesehatan sampai ke tingkat Desa/Kelurahan dapat dilakukan dengan konsisten.

Sesuai dengan Instruksi Bupati Dairi Nomor 188.155/2369 mengenai pembatasan kegiatan masyarakat dalam rangka pengendalian penyebaran covid19, menyebutkan bahwa pelaku usaha restoran, rumah makan/minum membatasi jumlah pengunjung hanya 50% (lima puluh persen) dari kapasitas sebelumnya dan batas waktu operasional makan dan minum di tempat sampai dengan pukul 21.00 WIB. Instruksi ini berlaku mulai pada tanggal 20 April hingga 3 Mei 2021.

Sedangkan untuk layanan makanan melalui pesan antar/dibawa pulang tetap diijinkan sesuai dengan jam operasional masing-masing usaha dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Kemudian untuk mengurangi keramaian, Pemkab Dairi menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat dengan mengijinkan masyarakat melakukan kegiatan ibadah dengan pembatasan kapasitas sebesar 50% (lima puluh persen) dari kapasitas sebelumnya, serta melakukan kegiatan seni, sosial dan budaya dengan pembatasan kapasitas sebesar 25% (dua puluh lima persen) dari kapasitas sebelumnya. (Edison Tumanggor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed