oleh

Ini Catatan Fraksi PDI Perjuangan Soal Perda Penyelenggaraan Perpustakaan

-Batam-76 views

wahanaindonews.com Batam – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan DPRD Kota Batam menilai Rancangan Perda penyelenggaraan perpustakaan perlu dibahas untuk ditindaklanjuti ketahap dan mekanisme selanjutnya mengingat minat baca masyarakat Batam tergolong rendah.

Hal ini disampaikan Fraksi PDI Perjuangan dalam paripurna penyampaian pandangan fraksi-fraksi DPRD Kota Batam tentang Rancangan Perda penyelenggaraan perpustakaan, di Ruang Paripurna DPRD Kota Batam, Kamis, 22 April 2021.

Fraksi PDI Perjuangan Kota Batam meminta pemerintah tidak hanya sebatas mengejar pembangunan infrastruktur tetapi harus meyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang gemar membaca.

Pemerintah Kota Batam harus bisa meniru daerah lain yang bisa menyediakan sumber daya perpustakaan yang berkelas, dikemas sedemikian menarik sehingga masyarakat yang datang jadi betah membaca di perpustakaan.

Fraksi PDI Perjuangan sangat berharap bahwa Rancangan Perda  ini dapat menjawab kebutuhan Pemerintah Kota Batam dalam memberikan kepastian hukum terhadap Penyelenggaraan Perpustakaan Daerah yang sesuai  dengan peraturan perundang-undangan dan kebutuhan masyarakat di Kota Batam.

Sesuai dengan amanat pembukaan undang-undang dasar tahun 1945 alinea ke-4, yang mana salah satu tujuan dari kemerdekaan Negara Republik Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ada beberapa catatan PDI Perjuangan yang menjadi pertimbangan di dalam penyusunan Ranperda penyelenggaraan perpustakaan:

1. Pentingnya keterlibatan masyarakat dan komunitas dalam pengembangan perpustakaanumum di semua jajaran.

Keterlibatan ini baik dalam penyusunan rencana kerja, dukungan anggaran, pelaksanaan kegiatan, serta evaluasi rencana kerja di perpustakaan.

2. Pentingnya Pengembangan profesionalisme pustakawan dan sumber daya manusia di perpustakaan dan perlunya Berjejaring dan kerjasama antar Perpustakaan antar daerah, Berjejaring dan bekerjasama dengan organisasi profesi perpustakaan.

3. Pentingnya Dinas Perpustakaan untuk berjejaring dengan perguruan tinggi dalam mengembangkan konsorsium data base artikel, jurnal dan e-book ilmiah sehingga dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi masyarakat Kota Batam.

4. Dinas Pendidikan wajib mengembangkan perpustakaan sekolah sebagai jantungnya pendidikan di sekolah serta menyediakan ruang perpustakaan, infrastruktur, fasilitas, koleksi, dan layanan perpustakaan minimal sesuai dengan standar perpustakaan sekolah serta memiliki pustakawan professional yang berlatar belakang pendidikan ilmu perpustakaan. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed