oleh

DPRD Dairi Gelar Sidang Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Tahun 2020

-Berita, Daerah, Dairi-476 views

Dairi, wahanaindonews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dairi melaksanakan Sidang Paripurna dengan agenda Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Dairi Tahun Anggaran 2020, di ruang sidang paripurna DPRD Dairi, Senin (19/04/2021).

Sidang Paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Dairi Sabam Sibarani, S.Sos, didampingi pimpinan dan anggota DPRD, dan dihadiri Bupati Dairi Dr. Eddy keleng Ate Berutu, Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK. MH, Dandim 0206/Dairi  Letkol Arm. Adietya Y.  Nurtono, SH, serta diikuti oleh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Mengawali pemaparannya, Bupati Dairi Dr. Eddy keleng Ate Berutu, mengatakan bahwa penyampaian LKPJ kepada DRPD dilakukan untuk memenuhi salah satu kewajiban Kepala Daerah yang sesuai dengan ketentuan pasal 69 ayat (1), Undang-Undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah dan Nomor 13 Tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah

Dalam sidang tersebut, Eddy Berutu mengatakan target pencapaian pembangunan Kabupaten Dairi masih terbilang baik meskipun ditengah Pandemi COVID-19.

“Hal ini terwujud melalui Indikator Kinerja Makro tahun 2020, diantaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 71,57 yang tumbuh sebesar 0,15 poin dari tahun 2019 yaitu sebesar 71,42,” sebut Eddy Berutu.

Selanjutnya, Bupati Dairi Eddy Berutu, menyampaikan bahwa masyarakat Kabupaten Dairi dapat merasakan hasil pembangunan dalam memperoleh pendidikan, kesehatan dan pendapatan.

“Pertumbuhan ini dapat memberikan optimisme bagi kita sekalian untuk berkomitmen untuk tetap berupaya mewujudkan visi misi pemerintah Kabupaten Dairi,” ujar Eddy Berutu.

Disisi lain, Ia juga menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 yang melanda Bangsa Indonesia memilik dampak negatif terhadap meningkatnya angka kemiskinan di Kabupaten Dairi, dimana pada tahun 2020 sebesar 8,04% atau naik 0,34% dibandingkan tahun 2019, namun angka kemiskinan Kabupaten Dairi masih lebih baik dari Provinsi Sumatera Utara yaitu 8,75% dan tingkat nasional yaitu 9,78%.

“Dalam sektor ekonomi, pada Tahun Anggaran 2020 Pemerintah Pusat harus melakukan upaya keras dalam penanganan dan pengendalian penyebaran COVID-19 di Negara kita ini” tandas Eddy Berutu.

Selain itu, Eddy Berutu mengatakan salah satu kebijakan yang diambil adalah dengan pengalihan dan pengurangan anggaran melalui refocusing dan realokasi anggaran pada masing-masing Kabupaten yang mengakibatkan Pendapatan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Dairi yang bersumber dari transfer pemerintah pusat berkurang.

Kemudian, pada tahun 2020 difokuskan pada upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui penggalian sumber-sumber pendapatan, baik dengan cara intesifikasi maupun ekstensifikasi namun tetap berpedoman pada azas pemerataan dan keadilan tanpa memberatkan masyarakat selaku obyek pungut.

Bupati Dairi Dr. Eddy keleng Ate Berutu, menambahkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2020 Kabupaten Dairi telah melakukan kebijakan strategis yang diambil dalam menyelesaikan masalah masyarakat yang strategis seperti merevisi dasar hukum tentang pajak daerah dan retribusi daerah, serta meningkatkan tata tertib administrasi pendapatan Daerah.

“Pada Tahun 2020 kita telah mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah Pusat atas konsep, visi, misi dan gerakan pembangunan di Kabupaten Dairi,” tutup Eddy Berutu. (Edison Tumanggor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed