oleh

Pemerintah Mewujudkan Pemahaman Makanan Sehat

-Natuna-296 views

Wahanaindonews.com, Natuna – Pemerintah Kabupaten Natuna tengah gencar melakukan sosialisasi tentang makanan sehat kepada masyarakat.

Hal ini digalakkan seiring dengan upaya pemerintah meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat.

Hal ini dikatakan oleh Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti di kantor nya beberapa hari yang lalu.

Menurutnya untuk meningkatkan produksi dan penjualan makanan tidak boleh mengesampingkan mutu, bentuk dan tingkat kesehatan produksi masyarakat.

“Sebetulnya ini yang kita sasar adalah usaha kecil dan menengah, kita ingin meningkatkan produktivitas masyarakat terutama sekali di bidang makanan maka program ini perlu di beri dengan pemahaman masyarakat mengenai bahan bahan makanan yang sehat dan model makanan yang bisa terjamin kesehatannya,” kata Ngesti

Iya melanjutkan untuk memberikan pemahaman ke masyarakat pemerintah harus melakukan edukasi tentang makanan sehat terutama sekali dengan bahan bahan makanan apa saja yang mengandung zat yang bisa mempengaruhi kesehatan makanan itu sendiri.

“Jadi kita harus kasih tahu masyarakat agar tidak menggunakan bahan pengawet formalin, bagaimana cara menjaga kehigienisan bahan makanannya sampai kepada bagaimana cara mengenali makan makanan yang tidak sehat untuk dikonsumsi,” terangnya

Wabup Ngesti mengaku pertumbuhan produk makanan di Natuna cukup besar dan pangsa pasarnya juga cukup menjanjikan. Bahkan pangsa pasar produk makanan Natuna tidak hanya beredar di dalam daerah dan luar daerah tapi juga merambah pasar asing terutama sekali pasar pasar yang ada di Asia tenggara.

“Oleh karena kita melihat pertumbuhannya yang semakin pesat bahkan sampai ada produk makanan kita yang terjual di Kuala lumpur maka kualitas makanan itu perlu ditingkatkan dan dijaga kesehatannya,” tutup Ngesti

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Natuna, Agus Supardi menerangkan bahwa, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tahun 2021 telah mengadakan kegiatan di Kabupaten Natuna.

Menurut Agus Untuk meningkatkan kualitas kesehatan produk makanan dan minuman, “Tujuan sasaran akhirnya adalah seperti air isi ulang, jajanan anak sekolah, dan jenis makan lainnya,” ungkap Agus.

Lanjutnya, dengan harapan masyarakat atau pedagang dapat membedakan bahan-bahan makanan yang berbahaya, dari bentuk, rasa dan bau.

“Ini kita lakukan Agar mereka tidak memakai makanan yang tidak sehat, menjualnya dan memaka nya karena dapat merusak kesehatan bagi tubuh manusia yang menkosumsinya,” kata agus

Terkait hal ini Agus juga mengaku telah melakukan koordinasi dengan pengelola pasar yaitu Perusahaan Daerah (Perusda) untuk mengumpulkan pedagang yang ada, supaya di berikan penyuluhan dan sosialisasi terhadap jenis, warna, dan bau, untuk jenis bahan makanan yang mengandung Formalin dan lain-lainya.

“Ini juga kita lakukan kepada pengelola home industri yang ada di kabupaten Natuna agar produk produk mereka tetap terjaga kesehatannya,” ujar Agus

Namun begitu Agus mengaku terdapat kendala pada kegiatan sosialisasi yang dilakukan karena masyarakat terutama sekali pelaku industri dan pedagan masih mengutamakan kesibukannya masing masing.

“Cuma kegiatan seperti ini payah juga kita lakukan karena sebagian besar pedagang dan pelaku industri tidak mau meninggalkan pekerjaannya untuk mengikuti sosialisasi,” sebutnya Agus

Untuk menyiasati keadaan ini Agus mengaku telah banyak mengatur jadwal pelaksanaan sosialisasi dengan cara menyusuaikan jadwal kerja masyarakat yang akan jadi sasaran sasaran sosialisasi.

“Cuman belakangan kita sudah bagi waktunya, kita sesuaikan dengan kesempatan yang dimiliki oleh mereka,” tambah Agus

Agus berharap dengan adanya sosok ini para pedagang dapat memahami bahan yang akan di gunakan untuk membuat makan seperti Warna, dan baunya.

“Pada intinya kita ingin agar produk makanan kita yang ada di Natuna menjadi lebih bermutu dan sehat,” tutup Agus (Oki)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed