PT Pekanbaru Mengambil Sumpah Advokat Peradi “RBA” Batam Raya

oleh -111 views

Pekanbaru, WahanaIndoNews.Com – Pengadilan Tinggi Pekanbaru – Riau, melaksanakan pengambilan sumpah advokat dari organisasi advokat Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advocat Indonesia “Rumah Bersama Advokat” (Peradi “RBA”) Batam Raya, Selasa (23/2/2021) di Pekanbaru.

Pengambilan sumpah 12 orang advokat dari Peradi “RBA” Batam Raya, berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advocat Indonesia (DPN Peradi) Nomor : 1376/DPN–PERADI/VIII/2020 tanggal 02 Oktober 2020 di Jakarta, telah diangkat sebagai Pengacara/Advokat berdasarkan Pasal 4 Undang Undang RI Nomor :18 Tahun 2003 jo Surat Edaran Ketua Mahkamah Agung RI Nomor:73/KMA/HK/.01/IX/2015, Wajib bersumpah.

Pengambilan sumpah advokat dari Peradi Batam Raya dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru-Riau Dr. Drs H. Panusunan Harahap, S.H., M.H, dengan membuka sidang terbuka yang ditandai mengetuk palu, selanjutnya membacakan sumpah advokat yang diucapkan oleh 12 Advokat Peradi.

“Kami ingin berpesan kepada advokat muda yang baru dilantik, Renungkan sumpah/janji yang sudah anda ucapkan, Karena merupakan ikrar suci anda kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru,

Sesuai Undang-undang Nomor 18 tahun 2003, Advokat adalah penegak hukum, baik dan buruknya wajah penegakan hukum juga menjadi tanggung jawab advokat.

“Kami ucapkan selamat kepada advokat muda Peradi yang baru dilantik”, tutup Ketua PT Pekanbaru dalam sambutannya..

Senada dengan Ketua PT Pekanbaru, Radius SH,MH Ketua DPC Peradi Batam Raya yang didampingi Tonny Siahaan, SH (PLT Sekretaris DPC Peradi Batam Raya dan Ketua Panitia Pelantikan Leyanson TM Siagian, SH, disela acara berlangsung kepada wahanaindonews.com juga mengucapkan selamat bertugas dan mengemban amanah bagi advokat muda Peradi yang baru dilantik. Radius berharap para advokat muda selain harus bertanggung jawab kepada Tuhan yang Maha Esa, juga harus menjaga nama baik organisasi.

“Selamat kepada advokat muda Peradi yang baru dilantik, semoga kedepan Peradi semakin banyak lagi membantu masyarakat yang mencari keadilan,” ujarnya.

Sementara,  Leyanson TM Siagian SH, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan DPC Peradi Batam  yang sekaligus Panitia Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Advokat Peradi “RBA” kepada WahanaIndoNews.Com mengatakan, bahwa semua advokat muda yang baru dilantik ini sudah melalui tahapan-tahapan yang ditentukan oleh peraturan yang berlaku.
Misalnya tentang magang. Leyanson mengatakan, bahwa di Peradi “RBA”,   semua calon advokat itu harus menjalani magang minimal dua tahun. Intinya, ujar Leyanson, Peradi “RBA” itu lebih mengutamakan kwalitas dari pada kwantitas.

Pantauan www.wahanaindonews.com, Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Advokat baru Peradi “RBA” itu disamping dihadiri para hakim tinggi dan staf PT Pekanbaru Riau, juga dihadiri oleh DPN Peradi “RBA” yang diwakili oleh Wakil Ketua DPN Peradi “RBA” Ifdal Kasim, SH, LLM. (Patar Simanjuntak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *