DPRD Siak Umumkan Alfedri-Husni Bupati-Wabup Terpilih

oleh -49 views

wahanaindonews.com, Siak – DPRD Kabupaten Siak, Riau, resmi mengumumkan penetapan Alfedri-Husni Merza sebagai Bupati dan Wakil Bupati Siak terpilih, Rabu, 17 Februari 2021.

Pengumuman dilakukan dalam rapat paripurna secara video conference antara DPRD dengan Alfedri-Husni. Tidak ada instruksi dari peserta rapat paripurna.

Ketua DPRD Siak, Azmi, menyampaikan bahwa DPRD mengumumkan dalam rapat paripurna hasil penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih sebelum disampaikan kepada Mendagri melalui Gubernur Riau.

“Pengesahan pengangkatan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dilakukan berdasarkan hasil penetapan KPU yang disampaikan ke kita (DPRD). Ini sesuai dengan ketentuan dan sudah diatur dalam surat edaran Mendagri Nomor 131.14/4979/2019,” kata Azmi.

Dengan dasar pengumuman ini, kata Azmi, DPRD Siak akan menyurati Mendagri untuk dua perihal.

“Pertama, usulan pengesahan calon Bupati dan Wakil Bupati Siak terpilih. Kedua, usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Siak periode 2015-2020,” kata dia.

Alfedri mengatakan, pengumuman yang dilakukan oleh DPRD merupakan salah satu tahapan Pilkada Siak setelah pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih yang dilakukan KPU Siak pada Januari 2021 lalu.

“Hasil rapat paripurna ini nanti diusulkan ke Mendagri, setelah itu, baru Mendagri membikin SK pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Siak periode 2015-2020, dan SK pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Siak terpilih hasil Pilkada 2020,” kata Alfedri kepada wartawan.

Kendati DPRD sudah mengumumkan, Alfedri belum bisa memastikan kapan jadwal pelantikannya.

“Tunggu keputusan Mendagri. Tapi, sesuai dengan masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Siak periode 2015-2020, berakhirnya pada 19 Juni 2021 mendatang. Kendati begitu, kita siap kapan saja. Apakah dijalankan serentak oleh Mendagri kita siap, atau sesuai dengan berakhirnya masa jabatan juga kita siap.” (Wanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *