oleh

KPP Pratama Pekanbaru Tampan Berikan Edukasi Pajak untuk ASN Dishub Riau

-Berita, Pekanbaru-48 views

wahanaindonews.com, Pekanbaru – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pekanbaru Tampan memberikan edukasi kepada sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, Selasa, 9 Februari 2021.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Tampan Iman Teguh Suyudi melalui Plh Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan Supriadi Wahyu Gunarso mengatakan, edukasi ini bagaimana mengisi Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan atau SPT Tahunan PPh secara online.

“Edukasi untuk asistensi atau pembimbingan pengisian SPT Tahunan PPh dan melaporkannya melalui e-Filing. Untuk memudahkan ASN Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau atau wajib pajak melaporkannya dimasa pandemi Covid-19 ini yang dilakukan secara online,” kata Supriadi, Rabu, 10 Februari 2021.

Dimasa pandemi ini, dikatakan Supriadi, melalui edukasi ini memudahkan wajib pajak melaporkan SPT Tahunan PPh secara online. Hal ini untuk menghindari wajib pajak datang ke kantor pajak, karena memang tatap muka sangat dibatasi saat pandemi Covid-19.

“Dengan adanya e-Filing, dimana saja dan kapan saja wajib pajak dapat melaporkan SPT Tahunan PPh secara online. Hal ini tentu sangat memudahkan wajib pajak dalam pelaporannya setiap tahun,” ungkap Supriadi.

Ia juga mengharapkan ASN Pemprov Riau bisa menjadi contoh bagi pemerintah daerah lainnya yang tertib dalam melaporkan SPT Tahunan PPh. Dimana untuk tahun ini, Dishub Riau menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pertama yang diberikan edukasi tahun ini.

“Untuk pelaporan SPT Tahunan PPh wajib pajak perorangan batas waktunya 31 Maret. Sedangkan untuk badan atau perusahaan 30 April. Lewat dari tanggal yang ditetapkan bisa dikenakan sanksi, karena tidak melaporkan,” jelas Supriadi.

Untuk OPD lainnya yang ada dilingkungan Pemprov Riau, dijelaskan Supriadi, tergantung dari permintaan dan disesuaikan dengan kebutuhannya. “Biasanya edukasi ini kita lakukan secara virtual, namun karena jumlah orang yang hadir terbatas, kita datang langsung memberikan edukasi,” tutup Supriadi.

Sementara itu Plt Kepala Dishub Riau Indra Putrayana melalui Sekretaris Dishub Riau Raja Saspi mengatakan, saat edukasi terkait pajak di Kantor Dishub Riau, sudah menerapan protokol kesehatan.

“Kita sebagai wajib pajak, harus memahami bagaiman pengisian laporan SPT Tahunan PPh saat pandemi ini. Meskipun pertemuan secara langsung, protokol kesehatan teap kita jalankan,” kata Raja Saspi. (MCR/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed