Paslon Gubkepri HM. Soerya Respationo dan H. Irwan Nasir, M.Si lebih mantap “Bapak Wong cilik dan Birokrat”

oleh -47 views

 

Batam.WahanaIndoNews

Tak lama lagi sekitar awal September 2020 yad,KPU Kepri akan buka pendaftaran Paslon yang akan maju pada Pilkada di Provinsi Kepulauan Riau khususnya.

Hingga berita ini dikemas (28/08/2020), masih banyak waktu dan masih belum sah kalau belum di terima siapa paslon yang diajulan partai ke KPU.Lalu tahapannya ditetapkan Paslon yang sah bertarung oleh KPU pada 09 Desember 2020 mendatang.

Pilgub dan Wagub Kepri merupakan instrumen Demokrasi melalui partai politik dimana merupakan pertarungan figur memenangkan hati rakyat.

Banyak bukti, sehebat apapun parpol menyodorkan kadernya yang terbaik bertarung dalam kontestasi pilgub dan wakilnya, tapi kalau masyarakat tak suka maka kader tersebut tak dipilih.

Kisah pilkada sebelumnya, di salah satu daerah di Sulawesi Selatan, kotak kosong menang dengan selisih 36.000 suara melawan calon yang diusung parpol.Aneh kan?
Jadi rakyatlah yang menjadi pemilih dan sekaligus jurinya.

Pada Pilgu dan Pilwagub Kepri 09 Desember 2020 sebentar lagi akan tiba.Hanya sekitar 100 hari lagi dari sekarang.Dan menjadi issu dan trending hangat di mata masyarakat.

Masyarakat inginkan pemimpin Kepri yang mampu membangun,saling bersinergi. Membangkit lagi indeks pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi Nasional.

Sosok itu diyakini banyak pihak yakni Paslon Pilgub dan Pilwagub Kepri yaitu Dr. H. M. Soerya Respationo S.H., M.H dan Drs. H. Irwan Nasir, M.Si.
Sosok merakyat Soerya Respationo yang juga mantan Wakil Gubernur Kepri 2010- 2015, mantan Ketua DPRD Batam serta Ketua DPD PDIP Provinsi Kepri.

Semenyara itu, sosok yang disenangi menjadi Calon Wakil Gubernur Kepri yakni Drs.H.Irwan Nasir. Irwan saat ini masih menjabat sebagai Bupati Kabupaten Meranti. Dan ia dua kali berturut-turut Bupati di Kabupaten Meranti. I

Irwan adalah juga Sosok Tokoh Pemekaran Kabupaten Meranti Provinsi Riau. Namun sebelumnya Irwan adalah mantan salah satu Kecamatan di Batam.Ia juga pernah menjadi pejabat di Bagian Keuangan Setda Kota Batam.

Sebagai Bupati Meranti, Irwan juga aktif di organisasi.Saat ini Irwan Nasir adalah Ketua DPW PAN Provinsi Riau.

Dalam konstelasi politik yang berkembang saat ini, yakni khususnya pada pilgub dan pilwagub, banyak aspirasi arus bawah menginginkan duet Soerya Respationo dengan Irwan Nasir. Alasannya; Soerya Respationo pengalaman Wakil Gubernur Kepri satu periode, dan Irwan Nasir yang juga mantan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang puluhan tahun malang melintang berkarir di Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Irwan juga dua periode menjabat Bupati Kepulauan Meranti yaitu 2010 – 2015 dan 2016 – 2021 sangat berpengalaman di bidang birokrasi. Drs. H. Irwan Nasir, M.Si, bukan kaleng kaleng.

Demikian buah pokok pikiran Ketua Forum Kebangsaan Masyarakat Kepri Poniman Lo.Pria yang sering dipanggil suhu ini berkeyakinan dengan pasangan ini, maka akan tercapai sinergi membangun di Provinsi Kepri.

Menurut Suhu Poniman Lo ini lagi, yang juga pengelola 87 Klenteng di Kepri ini, sangat beralasan, masyarakat menginginkan sosok Drs. H. Irwan Nasir, M.Si, untuk maju pada Pilgub kepri 2020.

Pengalaman Irwan Nasir di birokrasi cukup bisa diandalkan. Irwan merupakan lulusan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) dan S-2 dari UGM Yogyakarta, sosok cerdas dan memiliki banyak pengalaman dan ide-ide segar untuk diimplementasikan membangun Kepri,kata Poniman yang sekat dengan kalangan persmedia di Batam ini.

Lebih jauh ujar Poniman, bahwa Irwan merupakan figur yang berani dan memiliki peran strategis dalam menentukan arah kebijakan untuk mempercepat pembangunan dalam hal ini sudah dibuktikan beliau di Kabupaten Meranti. Selain cerdas dan berpengalaman di pemerintahan serta politik.

“Irwan saya lihat memiliki visi dan misi yang mumpuni yang sangat penting menjadi salah satu pertimbangan bagi masyarakat,” ujar Poniman.

“Jadi Soerya Respationo dengan Irwan Nasir, di mata masyarakat kedua tokoh ini berpengalaman di bidang masing-masing. Jika duet ini dapat diwujudkan maka sangat dahsyat bukan hanya sekedar memperpanjang daftar riwayat hidup saja akan tetapi sangat tetapi ideal,” sebutnya bersemangat.

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Keluarga Kerinci Nasional (HKKN) Provinsi Kepri, Damrah Zein, mengungkapkan bahwa banyak masyarakat yang menginginkan sekali Drs. H. Irwan Nasir, M.Si maju pada Pilkada Kepri mendatang.

“Karena Drs. H. Irwan Nasir, M.Si dekat dengan masyarakat,dan Irwan dapat diandalkan untuk memimpin,”kata Damrah Zein.

Sementara senada pendapat lainnya, disampaikan Korlap Komunitas Kito Bedulur Galo Ibu Juan. “Warga Sagulung, Batu Aji dan Galang kenal baik dengan pak Irwan  rumahnya kan di Tiban Koperasi Sekupang.Meski sibuk, disela-sela kegiatannya sebagai Bupati Meranti tetapi apabila beliau ada di Batam selalu hadir bila masyarakat membutuhkan,”kata Ibu Juan.

Semangatnya untuk tetap dekat dengan masyarakat salah satu bentuk perhatian pak Irwan,katanya lagi.

“Kami nilai,Pak Irwan itu tidak sombong,dekat dengan warga masyarakat, dan mampu memahami suasana bathin masyarakat.Ia punya kemampuan dan memiliki net working yang luas, membuat kami simpati dan menganggap Pak Irwan layak untuk memimpin Kepri,”ujarnya.
” Insya Allah ini figurku yang terbaik pada Pilkada Kepri 2020, Pak Irwan Nasir,”tambah Ibu ini.

Pandangan salah satu tokoh masyarakat lainnya juga positif. Duet Soerya Respationo dengan Irwan Nasir, memang tak asing di mata masyarakat sebagai sosok yang berpengalaman di bidang masing-masing. Sosok yang saling mengisi dan menguatkan. Jargon Soeryo sebagai bapak wong cilik, cukup dekat dengan lapisan masyarakat serta pandai merangkul aparatur pemerintah untuk soliditas tidak diragukan lagi.

Adapaun kemampuan lain Irwan Nasir yakni di bidang birokrasi dan relasi yang bagus ke negara luar untuk mendatangkan investor. Selain itu Irwan dinilai sebagai sosok yang pro-rakyat dan rajin terjun langsung ke lapangan bertemu masyarakat sejak setahun yang lalu.

Irwan memiliki kinerja yang baik di mata masyarakat. elektabilitas, popularitas dan tingkat kesukaan masyarakat yang tinggi menunjukkan dukungan masyarakat terhadap Irwan luar biasa.

Lebih jauh, pandangan masyarakat akan kedua tokoh ini bisa membawa Kepri bangkit lagi. Keadaan masyarakat yang kini “down” dengan kelesuan ekonomi sekarang, lalu angkatan kerja dan tenaga kerja banyak menganggur bahkan pulang kampung,” sebut H.Donny Herman, seorang pengusaha sukses di Batam.

Lain lagi pendapat satu tokoh muda,Ucok Tapa. Ia menilai , jika duet Dr. H. M. Soerya Respationo S.H., M.H sebagai calon Gubernur Kepri dan Drs. H. Irwan Nasir, M.Si sebagai Wakil Gubernur Kepri, duet ini merupakan perpaduan harmonis bapak wong cilik sebagai semboyan yang sering di- dengungkan dan birokrat.Dan sudah tepat.

Masyarakat akar rumput merindukan Soerya Respationo – Irwan Nasir figur ini yang bisa masuk ke semua suku, agama dan ras. Harapan kami parpol jernih memilih figur yang bisa membawa Kepri bangkit dari kondisi saat ini. Ingat, pesta demokrasi adalah upaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat,sambungnya.(robertyahya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *