Pimpinan GM Damri Batam Sadi; “Akibat Covid-19, yang paling berdampak besar adalah jasa transportasi”

oleh -105 views
Ket foto: General Manager Perum Damri Batam Sadi

Batam.WahanaIndoNews
Akibat pandemic corona virus (covid-19), yang sangat berdampak besar adalah salah satunya jasa transportasi.Dalam hal ini Damri.Terutama pelayanan Damri Batam.

Dampaknya memang luar biasa.Tak ada kegiatan masyarakat,kami juga tak bisa jalan.Tak bisa dipaksakan.

Menurut GM Sadi dalam perbincangan dengan portal berita WahanaIndoNews.Com diruang kerjanya belum lama ini mengatakan, paling cepat masuk ke arah normal sekitar bulan Januari 2021 yang akan datang.

Ketika ditanya,apakah mati total ? “Kalau mati total sih nggak, masyarakat masih ada kegiatan,namun sedikit sekali.Terutama aktifitas kami.Sepi sekali,”ungkap Sadi.

Sejumlah trayek kami seperti Bandara dan kawasan pusat keramaian di Batam terhenti.Tak ada penumpang ya distop dululah operasionalnya, sebut Sadi prihatin.

“Kami bisa jalanpun, karena diback-up oleh Dinas Perhubungan Kota Batam.Kalau tidak ya sudah nggak bisa apa-apa lagi,” ujarnya.

Dari segi anggaran sudah tak bisa juga. Kalau SDM semisal karyawan mungkin bisa jalan dulu karena ditopang.Tapi kalau operasional seperti sejumlah kenderaan-kenderaan yang ada tak jalanlah,ya berhenti dulu,kata Sadi seraya mengatakan kalau jasa transportasi swasta visa diubah bisnis plan operasionalnya tapi kalau pihaknya terikat kontrak.

Secara umum demikianlah gambaran kita.Tapi kita hanya bisa menunggu atau “wait and see” saja.Tidak bisa dipaksakan,ujarnya.

Pada bagian lain, Sadi mengatakan,total karyawan sekarang ada 80 orang.Bagian bengkel enam atau tujuh orang.
Lalu ada sejumlah pegawai kantor.

Yang lainnya itu sebagai supir. Yang mana mereka sekarang nggak bisa dirumahkan,gaji juga harus disediakan.Sebab tak baik kalau nanti begitu ada aktifitas normal, akan merekrut yang baru lagi.Ini soal sumber daya juga, sambung Sadi.

Ditanya soal gaji karyawan, dikatakannya hak mereka tak terpenuhi. Gaji masih tersendat dan tertunda-tunda.Dan dari operasional yang ada sekarang, tak bisa menutupi biaya-biaya pengeluaran.Berapa persenlah yang ada ini,jelas Sadi.

Ketika ditanyakan kebetulan sebelum media ini diterima Sadi, ada tamu bertemu GM Damri,yakni Kepala UPT BatamTrans Dishub Batam Bambang Sucipto SE, apa maksud dan tujuannya.

Kata Sadi, ya seperti sudah dikatakannya sebelumnya tadi. Bahwa pihak Damri Batam masih terus dibina dan diawasi serta di monitor Dinas Perhubungan Batam, pungkas Sadi.

Perum DAMRI memiliki jaringan pelayanan tersebar hampir di seluruh Indonesia.

DAMRI melayani angkutan kota, angkutan antarkota dalam provinsi, angkutan kota antarprovinsi, angkutan khusus bandar udara, angkutan pariwisata, angkutan logistik, angkutan perintis dan angkutan lintas negara.

Perum ini berdiri
25 November 1946.Terbentuk sesuai SK Menteri Perhubungan RI No.01/DAM/46 yang dinamakan Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia atau disingkat DAMRI. (robertyahya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *