oleh

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi Kabarkan Perkembangan Situasi Terkini

-Berita, Daerah, Dairi-673 views

DAIRI, wahanaindonews.com – Satuan Tugas (Satgas) terus mengabarkan kepada masyarakat tentang perkembangan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di wilayah Kabupaten Dairi per tanggal 12 April 2021.

Dalam hal ini, Ketua Bidang Komunikasi dan Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi Rahmat Syah Munthe, mengatakan bahwa berdasarkan data per tanggal 12 April 2021 tercatat sebanyak 7 (tujuh) kasus aktif Covid-19 yang masih dalam perawatan Rumah Sakit maupun pengawasan dari pihak Satgas / Pemerintah untuk melakukan isolasi mandiri.

“Dari tracing yang dilakukan Satgas tersebut ada 34 orang dinyatakan memiliki riwayat kontak dengan kasus aktif tersebut kemudian untuk kasus suspek dinyatakan nihil,” jelas Ketua Bidang Komunikasi dan Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi Rahmat Syah Munthe, Selasa (13/04/2021).

Menurut Rahmat, berdasarkan data akumulasi kasus positif dari tahun lalu untuk wilayah Kabupaten Dairi ada sebanyak 230 orang yang tersebar di 14 Kecamatan dan dari jumlah tersebut ada sebanyak 203 telah dinyatakan sembuh, sedangkan sebanyak 20 orang yang meninggal dengan kasus positif Covid-19.

“Dari 20 orang yang meninggal tersebut tercatat 94 persen berdomisili di Dairi, artinya ada juga yang meninggal warga Dairi namun bukan domisili di Dairi. Namun tetap dicatat di Dairi, karena memiliki KTP Dairi.” terangnya.

Sementara untuk warga Dairi jelas Rahmat, bahwa jumlah pasien Covid-19 yang meninggal didominasi oleh lansia dengan usia di atas 60 tahun yang mencapai 57,89 persen, sedangkan pasien yang berusia 46 tahun sampai 59 tahun mencapai 21,05 persen, kemudian pasien berusia 31 tahun sampai 45 tahun merupakan positif Covid-19.

“Dari angka tersebut, kita warga Dairi harus waspada, tetap mematuhi protokol kesehatan, tetap menerapkan 5M, menjaga jarak, membatasi interaksi, mencuci tangan, memakai masker dan menjauhi kerumunan, agar bisa bersama-sama menekan penyebaran Covid-19 di daerah kita,” himbau yang kerap disapa Rahmat.

Sedangkan untuk vaksinasi Covid-19 kata Rahmat Syah Munthe bahwa vaksinasi tahap I (pertama) kepada SDM Kesehatan telah selesai dilakukan dengan melakukan dua kali penyuntikan. Untuk vaksinasi tahap kedua yang sudah dilakukan masih menjalani satu kali penyuntikan, karena penyuntikan kedua harus memenuhi syarat pada waktu yang telah ditentukan.

Meskipun demikian terang Rahmat Munthe, penyuntikan pertama kepada SDM Kesehatan telah dilakukan sebanyak 1.184 orang dan penyuntikan kedua sebanyak 1.169 orang dan untuk tahap selanjutnya kepada petugas publik dan lansia.

“Penyuntikan pertama untuk petugas publik telah dilakukan kepada 2.569 orang dan penyuntikan kedua kepada 1.439 orang, sedangkan untuk lansia, penyuntikan pertama kepada 123 orang dan penyuntikan kedua kepada 48 orang,” sebut Munthe.

Lebih lanjut Rahmat menambahkan bahwa Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu,  selaku ketua Satgas Penanganan Covid19 Kabupaten Dairi meminta kepada umat Islam dalam menjalankan ibadah Ramadhan agar mempedomani panduan yang telah dikeluarkan Pemerintah Pusat dan tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes).

Meski demikian, Satgas Covid-19 Kabupaten Dairi terus melakukan upaya pencegahan untuk menekan laju penularan agar kesehatan pulih, ekonomi bangkit dan masyarakat harus tetap konsisten menjaga protokol kesehatan.

 

(Edison Tumanggor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed