Sekda Siak: Pemda Akan Refocusing Transfer ke Daerah dan Dana Desa

oleh -266 views

wahanaindonews.com, Siak – Sekretaris Daerah (Sekda) Siak Arfan Usman mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) akan melaksanakan refocusing transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2021 sebesar 8 persen.

Hal tersebut diungkapkan Arfan usai mengikuti kegiatan Video Conference Refocusing TKDD tahun 2021 dalam rangka Penanganan Covid-19 dan dukungan pelaksanaan INMENDAGRI No. 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro,bersama Plh Sekjen Kemendagri Drs Hamdani, dan Dirjen Bina Keuangan Daerah Mochamad Adrian Noervianto di Ruang Bandar, Lt II Kantor Bupati Siak, Selasa, 9 Februari 2021.

Ia mengatakan refocusing ini dilakukan di seluruh wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Siak.

“Jumlah dana yang akan direfocusing dibagi menjadi dua format. Yang pertama akan direfocusing langsung dari pusat berupa DAU sebesar 4%, kemudian pemerintah daerah diamanatkan juga untuk merefocusing anggaraannya sebesar 4%, sehingga kumulatifnya sebesar 8%,” jelas Arfan.

Menurutnya, bagi pemerintahan desa dan kampung juga diamanatkan untuk merefocusing anggaran desa/kampung yang tersedia supaya dilakukan pergeseran untuk penanganan Covid-19.

“Jadi anggaran dana 8% itu untuk penanganan Covid-19 sebagai upaya bersama antara pemerintah pusat dan daerah, termasuk Kabupaten Siak ini dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat kita hingga ke tingkat desa/kelurahan. Mudah-mudahan upaya bersama ini akan mampu mewujudkan masyarakat Kabupaten Siak yang sehat dan bebas Covid-19,” harapnya.

Dikatannya, dalam video Coference tersebut juga membahas TKDD dalam pemberlakuan PPKM, Vidcon ini juga membahas pembentukan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan guna mengendalikan Penyebaran Covid-19.

Selain itu ia juga menyampaikan amanat Plh Sekjen Kemendagri, Hamdani tentang Surat Edaran Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu sebagai dasar pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan tanggal 8 Februari 2021 telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: SE-2/PK/2021 tentang Penyesuaian Penggunaan Anggaran Transfer Ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019,hal ini yang mendasari dilaksanakannya Video Converence ini,” sebutnya.

Dijelaskannya, Surat Edaran tersebut dikeluarkan dalam rangka penyesuaian penggunaan (refocusing) anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) akibat dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

“Dalam rangka penyediaan dukungan pendanaan untuk belanja kesehatan penanganan Covid-19 dan belanja prioritas lainnya, pemerintah daerah diminta melakukan realokasi dan refocusing DAU dan/atau DBH,” ungkapnya. (Wanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *