oleh

Jaga Pasokan Listrik, PLN Batam Lakukan Mitigasi

-Batam, Kepri-377 views

wahanaindonews.com, Batam – bright PLN Batam menyiapkan sejumlah upaya untuk antisipasi serta menjaga keandalan pasokan listrik saat memasuki fase musim penghujan yang sedang melanda wilayah Batam dan sekitarnya.

General Manager Unit Business Services bright PLN Batam Fransis Al Zauhari, menuturkan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan tetap menjaga mutu dan keandalan pasokan listrik dan  keselamatan terhadap masyarakat.

“Kami telah melakukan mitigasi risiko pengamanan dengan memangkas pohon-pohon yang berada dekat dengan jaringan listrik, terutama pada jaringan tegangan menengah. Selain itu petugas juga meningkatkan pengawasan pada daerah yang berpotensi banjir dan longsor serta potensi bahaya lain yang dapat mengganggu jaringan listrik,” ujar Fransis, Kamis, 14 Januari 2021.

Fransis melanjutkan, secara umum pasokan listrik Batam masih sangat cukup, di mana ketersediaan daya mampu bright PLN Batam mencapai 550 MW dengan beban puncak Batam – Bintan berkisar pada angka 392 MW.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat apabila datang hujan, jangan berteduh atau berhenti di dekat instalasi kelistrikan seperti tiang listrik, gardu listrik, panel listrik maupun tiang lampu penerangan jalan untuk menghindari bahaya tersengat arus listrik”, ungkap Fransis.

Selain bahaya sengatan arus listrik, potensi bahaya lain yang juga sering ditemui saat musim hujan adalah tanah longsor dan pohon tumbang. Jika kejadian tersebut mengenai tiang listrik atau kabel jaringan bright PLN Batam warga diperingatkan agar tidak mendekati atau menyetuh jaringan tersebut karena bisa saja masih bertegangan.

Begitu juga bagi warga masyarakat pada perumahan diminta untuk lebih peduli dan dapat mengamankan listriknya apabila terjadi rembesan air yang mengalir pada jaringan instalasi pelanggan seperti pada lampu, saklar dan stop kontak. Instalasi listrik pelanggan merupakan tangggung jawab penuh pelanggan dan sebaiknya dilakukankan pengecekan serta pemeliharaan secara berkala oleh instalatur.

Fransis menambahkan, bila akan melewati genangan banjir, bright PLN Batam menyarankan agar menggunakan sepatu boots yang kedap air. Sepatu ini membuat terhindar dari risiko bahaya seperti bakteri, pecahan kaca, paku, hingga tegangan listrik bocor. Jika kondisi hujan terus turun sehingga menyebabkan banjir, makan bright PLN Batam akan segera memadamkan aliran listrik yang ada di daerah tersebut. Pemadaman dilakukan demi keselamatan masyarakat untuk terhindar dari sengatan listrik dan akan dinyalakan kembali pada kondisi aman.

Lebih lanjut, papar Fransis, jika masyarakat  mendapati adanya jaringan listrik yang jatuh atau kabel terjuntai ke tanah dan panel listrik terendam air hendaknya  segera melaporkan kepada petugas bright PLN Batam. Laporan ini dapat dilakukan melalui Contact Center 123, (0778) 123 dari handpone atau dengan mendatangi kantor pelayanan terdekat. (mb/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed